Perwakilan ASEAN Memohon Restu ke Rohul, Kaji Sejarah Perjuangan Syekh Hasim As-Syarawai Rokan

Pasirpengaraian (Cakra FM)- Sebanyak 14 orang perwakilan negara-negara di Asia Tenggara (ASEAN) memohon restu dengan mendatangi Ketua Panitia Umum acara peringatan Syekh Hasim As-Syarawai Rokan di Rokan Hulu, Riau, guna kesuksan penyelenggaraannya pada 2013 mendatang.

“Sebelum kegiatan dimulai 2013 mendatang, 14 orang Panitia Haul Syekh Abdul Wahab Rokan Al-Kholidi Naqsabandi se-Asia Tenggara di Kecamatan Kepenuhan, Kabupaten Rohul lebih dulu ke Basilam Kabupaten Langkat Sumatera Utara untuk meminta restu,” kata Ketua Umum Panitia Haul Syekh Abdul Wahab Rokan se-Asia Tenggara, Ismail Hamkaz, Selasa (18/12).

Menurutnya, hal itu merupakan rencana dari seluruh panitia hasil rapat panitia yang diselenggarakan pada Senin (17/12) di Gedung Pertemuan Kota Tengah Luhak Kepenuhan

“Kunjungan tiga hari itu untuk minta restu dari tuan guru Syekh Hasyim As-Syarwani sekaligus mengundangnya agar hadir pada helatan Haul Syekh Abdul Wahab Rokan Al-Kholidi Naqsabandi tahun depan,” ujarnya.

Diterangkan, rapat perdana 13 seksi panitia untuk mensukseskan agenda besar baru kali pertamanya digelar di Rohul meliputi Seminar se-Asia Tenggara tentang sejarah perjuangan Syekh Abdul Wagab Rokan dan perkembangan Tarikat Naqsabandi di Asia Tenggara mulai 2 Maret 2012 di Gedung Daerah Pasir Pangaraian.

Seminar ini rencananya akan dihadiri utusan dari Malaysia, Brunai Darussalam dan Thailand.

Kemudian, lanjut dia, pada 3 Maret 2013 kegiatan Napak Tilas dan Silaturrahmi se-Asia Tenggara Tarikat Naqsabandi dengan lokasi di kampung kelahiran Syekh Abdul Wahab Rokan di Desa Rantau Binuang Sakti Kecamatan Kepenuhan.

Pada  Oktober 2013 mendatang, juga digelar kegiatan Suluk Asia Tenggara Tarikat Naqsabandi sekaligus penyelesaian pembangunan Madrasyah Suluk Syekh Abdul Wahab Rokan di Desa Rantau Binuang Sakti yang telah masuk anggaran APBD Rohul 2013.

Dilanjutkan lagi, pada Kamis 20 Februari 2014 digelar Haul Maulid Syekh Abdul Wahab Rokan. Kegiatan ini merupakan kegiatan perdana di Rohul. Kedepan, kegiatan ini teragendakan dan digelar setiap tahun sesuai pernyataan Syekh Ahsum Asy-Syarwani Basilam.

“Sesuai pernyataan tuan guru, sekali digelar di Basilam Langkat dan kemudian dipindah ke Rantau Binuang Sakti Rokan Hulu. Artinya jika di Rokan Hulu sebagai lokasi peringatan kelahiran beliau dan di Basilam adalah peringatan wafatnya Syekh Abdul Wahap Rokan,” pungkasnya. (Arz)

0 komentar:

Posting Komentar