Get the Flash Player to see this player.

RADIO CAKRA 93.4FM

Wajib Tahu, Fakta Menjijikkan Soal Sikat Gigi

Rabu, 23 April 2014

Sikat gigi yang Anda gunakan setiap hari mungkin terlihat bersih. Namun tahukah Anda, sikat gigi sebenarnya sama kotor seperti lantai kamar mandi.

Studi dari University of Manchester menemukan, sebuah sikat gigi mengandung lebih dari 10 juta bakteri, termasuk E. coli dan Staph. 

“Dalam mulut yang belum disikat, ada bakteri yang jumlahnya sama banyak seperti bakteri di lantai kamar mandi,” kata Dr Ann Wei, seorang prosthodontist di San Fransisco pada lamanGrand Parents.

Padahal, sikat gigi merupakan “magnet” bagi bakteri. Saat digunakan untuk menyikat mulut, bakteri akan berkumpul di sikat gigi.

Selain itu, jika diletakkan di wastafel sikat gigi jadi rentan terkena percikan air saat membasuh tangan. Padahal, air juga bisa menyalurkan bakteri dari tangan yang kotor.

Yang lebih buruk lagi, bakteri dari toilet duduk juga bisa hinggap ke sikat gigi. Saat menekan tombol siram, udara berisi bakteri dari toilet akan menyebar ke seluruh kamar mandi, termasuk sikat gigi.

Bukan hanya itu, bakteri juga bisa menempel saat sikat gigi jatuh ke lantai. Aturan “belum lima menit” tak pernah berlaku, segera buang setelah sikat gigi terjatuh, apalagi sampai ke lubang toilet.

Masih mengutip Grand Parents, berikut beberapa cara menjaga kebersihan sikat gigi:

SELENGKAPNYA>> KLIK
Continue Reading | komentar

Cara Tidur Nyenyak Plus Selalu Mimpi Indah

Selasa, 18 Februari 2014




    Tidur untuk orang yang telah bekerja seharian bisa jadi momen yang sangat dinantikan beberapa orang. Tidur juga bukan hal yang sepele, karena tak jarang ternyata banyak orang yang sangat sulit mendapatkan tidur berkualitas. Ada yang mengeluh selalu mimpi buruk, ada yang bilang selalu terbangun tiba-tiba. Sebaiknya Anda membaca tips dilansir dari wikihow.com berikut ini jika Anda menginginkan tidur yang nyaman, nyenyak, dan sekaligus juga mimpi indah.

1. Makan malam

    Untuk mendapatkan tidur yang nyaman tanpa harus terbangun karena rasa lapar, sebaiknya Anda makan 3 jam sebelum tidur. Jika Anda makan dekat dengan jam tidur Anda, yang terjadi adalah tubuh Anda memiliki energi berlebihan dan akibatnya Anda tidak dapat tidur dengan nyenyak. Jika Anda sudah makan malam tetapi masih merasa lapar, disarankan untuk makan pisang atau sepotong roti.

2. Mandi

  Memang mandi tidak disarankan pada malam hari. Tetapi jika Anda merasa tidak nyaman karena terlalu berkeringat, sebaiknya Anda mandi dengan air hangat. Atau jika suhu udara tidak terlalu dingin, Anda bisa mandi dengan air dingin. Gunakan sabun yang mengandung aromaterapi atau parfum kesukaan Anda agar tubuh rileks.

3. Jangan beraktivitas berat

   Hindari mengerjakan sesuatu sebelum Anda tidur. Jika Anda baru menyelesaikan pekerjaan Anda pada malam hari, sebaiknya ambil jeda waktu sejenak untuk rileks. Misalnya membaca buku sambil minum coklat hangat atau susu hangat. Coklat sangat membantu tubuh Anda untuk rileks.

4. Suhu kamar

   Pastikan suhu ruangan kamar Anda tidak terlalu panas atau tidak terlalu dingin. Kamar dengan memiliki ventilasi yang cukup akan memudahkan udara berganti. Sehingga kelembapan kamar Anda akan seimbang.

5. Jika takut bayangkan ini

      Apakah Anda merasa ada hantu atau ketakutan lainnya. Bayangkan ini, Anda mengambilnya atau bayangkan orang yang Anda cintai mengambilnya kemudian memasukkanya dalam kotak dan menguncinya rapat-rapat. Jika ingin lebih aman lagi, kubur di dalam tanah yang sangat dalam-dalam. Memikirkan hal yang paling menakutkan hanya akan membuat Anda mimpi buruk.

6. Posisi bantal

   Pastikan posisi kepala dan leher Anda nyaman saat akan beranjak tidur. Jika Anda menempatkan kepala pada posisi yang tidak nyaman, Anda hanya akan membuat leher Anda sakit saat bangun dan ini juga salah satu penyebab mimpi buruk.

7. Sediakan minum

   Usahakan untuk membawa segelas air atau botol minuman di dekat tempat tidur Anda. Mungkin jika Anda terbangun karena haus atau merasa terlalu panas, Anda bisa langsung minum di dekat Anda tanpa harus bangun dan pergi ke dapur.

sumber:Vemale.com
Continue Reading | komentar

5 Manfaat penting jamur untuk kesehatan tubuh

Senin, 17 Februari 2014

5 Manfaat penting jamur untuk kesehatan tubuh



   Walaupun jamur sering dianggap sebagai sayuran, namun jamur mampu menyediakan berbagai macam nutrisi yang biasanya Anda temui di dalam daging, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Semua jenis jamur seperti portobello, shitake, hingga jamur kancing kaya akan nutrisi penting dan juga rendah kalori.

   Berikut adalah manfaat mengonsumsi jamur secara rutin bagi kesehatan tubuh Anda seperti dilansir dari healthmeup.com.

Sumber vitamin D
  Sama seperti tubuh manusia, jamur juga akan memproduksi vitamin D ketika terkena sinar matahari. Bahkan ketika mengonsumsi ekstrak jamur kancing maka Anda akan mendapatkan nutrisi vitamin D2 dan D3.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
   Jamur dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dengan cara meningkatkan produksi protein dan antivirus yang bermanfaat untuk melindungi sel tubuh dan memperbaiki jaringan tubuh. Jamur juga mampu meningkatkan kesehatan sel dendritik yang ada di dalam sumsum tulang Anda untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari invasi mikroba.

Sumber antioksidan
   Jamur merupakan sumber antioksidan yang baik. Zat antioksidan seperti selenium bermanfaat untuk melindungi sel-sel tubuh dari gangguan kesehatan yang mampu menyebabkan penyakit kronis.

Mengontrol berat badan
  Jika Anda ingin menurunkan berat badan, Anda dapat mencoba mengganti konsumsi daging dengan jamur. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi jamur maka dapat menunjukkan perbaikan dalam komposisi tubuh seperti pengurangan lingkar pinggang dan penurunan berat badan.

Melawan kanker
   Jamur adalah makanan alami yang mampu melawan kanker. Mengonsumsi jamur secara teratur dapat menurunkan resiko terkena kanker payudara. Selain itu jamur shitake juga dikenal mampu menghambat pertumbuhan tumor.

   Itulah beberapa manfaat penting jamur untuk kesehatan tubuh Anda. Namun jamur juga membutuhkan kecermatan dalam pemilihan dan pengolahannya. Oleh karena itu sebelum mengonsumsinya, sebaiknya Anda perlu berhati-hati.

sumber:Merdeka.com
Continue Reading | komentar

Jangan Sepelekan, Kasur Punya Efek Hebat Untuk Tubuh

Kamis, 13 Februari 2014


   Jika selama ini Anda hanya melihat tempat tidur adalah tujuan akhir setelah beraktivitas seharian, sebaiknya Anda berubah pikiran. Mulai sekarang cobalah untuk merasakan lebih dari biasanya bagaimana kebiasaan tidur Anda, bagaimana perasaan Anda setelah bangun tidur, atau mungkin apakah Anda sering terbangun di malam hari. Pemicu tidur yang kurang berkualitas ini bisa saja karena kasur Anda.
Dilansir dari huffingtonpost.com, berdasarkan poling National Sleep Foundation tercatat bahwa 92 persen responden menyatakan kasur adalah hal penting yang mempengaruhi kualitas tidur malam Anda. Berikut fakta yang menjelaskan:

1. Kasur baru bisa membunuh stres 
    Menurut penelitian pada tahun 2009, 59 pria dan wanita sehat diminta untuk tidur malam di atas kasur milik mereka masing-masing selama 28 hari berturut-turut. Kemudian untuk 28 hari berikutnya, para responden diminta untuk tidur di atas kasur baru dengan ukuran medium. Setelah masa percobaan selesai, responden diminta untuk menganalisa tingkat kecemasan, stres, sakit kepala, dan indikator depresi lainnya. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa menggunakan kasur baru dengan tekstur dan bentuk yang tepat mempengaruhi kualitas tidur dan level stres.

2. Alergi yang disebabkan kasur
      Debu dan partikel mikroskopis yang berasal dari lantai rumah maupun angin yang masuk ke rumah, bisa saja bersarang ke tempat tidur Anda. Jika Anda sering bersin-bersin padahal tidak sedang flu, bisa saja ini penyebabnya partikel atau kotoran yang menempel di tempat tidur Anda. Mencuci sarung bantal, guling, dan sprei bisa Anda jadikan pilihan untuk mengurangi alergi Anda.

3. Saatnya ganti kasur Anda
     Jika belakangan ini Anda merasa pusing, leher atau punggung sakit saat bangun tidur, ini bisa jadi indikasi bahwa Anda harus segera mengganti kasur Anda. Coba lihat atau raba permukaan kasur, jika Anda rasa sudah tidak datar lagi, berarti memang benar bahwa penyebab sakit kepala dan punggung ketika bangun adalah kasur Anda.

4. Mengerjakan di atas kasur
    Ketika Anda merasa lelah tetapi tugas kantor atau tugas kuliah masih menumpuk, cobalah untuk mengerjakan di atas kasur Anda. Rapikan tempat tidur kemudian pilihlah cara duduk yang membuat Anda nyaman. Utamakan untuk mencari sandaran untuk punggung Anda. Tapi ingat, jangan gunakan sandaran hingga kepala Anda. Terlalu rileks akan membuat Anda semakin mengantuk. Tetapi mengerjakan tugas di atas kasur menurut beberapa ahli bisa membantu Anda untuk tetap terjaga.

sumber: Vemale.com
Continue Reading | komentar

Wah Uniknya, Ada Parfum Baru Aroma Pizza Lho.. Siapa Mau?

Selasa, 11 Februari 2014


Foto: copyright womenshealthmag.com























                                    Siapa sih Ladies yang suka berdekatan dengan orang yang bau badan? Pasti        
                               nggak kan. Banyak orang menggunakan parfum untuk menutupi bau badan atau hanya
                           sekedar biar wangi. Aroma parfum yang segar khas bebungaan atau buah-buahan kerap
                            menjadi pilihan banyak orang. Lalu pernahkah Anda membayangkan ada parfum dengan
                            aroma pizza?

                  Adalah Demeter Fragance, sebuah merk parfum terkenal di luar negeri sana. Beberapa waktu yang lalu, mereka mengeluarkan sebuah parfum yang memiliki aroma pizza. Dilansir dari Women's Health Mag, komposisi parfum ini merupakan campuran dari aroma saus tomat, keju mozzarella, dan oregano.

sumber:Vemale.com

Continue Reading | komentar
Loading...

Blog Archive

 
PT. RADIO CAKRA MEDIA INDONESIA, ROKAN HULU - RIAU