LPPM UPP Taja Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Nasional

PASIRPENGARAIAN (Cakra FM)-Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Pasir Pengaraian (UPP) bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI), Senin (26/11) menaja kegiatan pelatihan penulisan Artikel Ilmiah Nasional di Kampus UPP.
 
     Dalam pelaksanaan kegiatan ini semua pendanaan dan pemateri di datangkan dari DIKTI.Pelatihan ini merupakan program bantuan DIKTI pertama yang diraih UPP setelah Rektor Baru dilantik.
      
‘’Bantuan ini merupakan prestasi UPP karena bantuan ini hanya didapat oleh 40 Perguruan Tinggi se-Indonesia, dan salah satunya adalah UPP, ini cukup membanggakan,’’ungkap  Ketua LPPM UPP Khairul Fahmi MT kepada wartawan, Senin (26/11) di Pasirpengaraian

     Para Pemateri yang datang merupakan pemateri yang berkompeten dan reviewer ternama di Indonesia.Para pemateri merupakan kontributor beberapa jurnal Internasional, seperti Scopus, Elsevier, Springer dan lainnya.

     Pemateri pertama Jaka Sriyana SE MSi PhD dosen Fakultas Ekononomi Universitas Islam Indonesia Jogjakarta.Sedangkan pemateri kedua Prof Dr Ir Dian Fiantis MSc, Guru Besar Fakultas Pertanian Universitas Andalas Sumatera Barat.

     Beberapa materi yang disampaikan adalah etika Penulisan artikel dan plagiarism, strategi menembus jurnal terakreditasi, struktur artikel ilmiah dan bahasa dalam artikel ilmiah.

     Peserta pelatihan ini terdiri dari seluruh dosen UPP dan juga perwakilan dari mahasiswa.Pelaksanaan pelatihan ini diharapkan mampu mengkatrol kemampuan menulis dari dosen-dosen di Universitas Pasir Pengaraian.

     ‘’Selama ini memang minat dan semangat menulis para dosen masih rendah, hal ini karena kurangnya pengetahuan dan pemahaman para dosen tentang penulisan jurnal ilmiah,’’jelas Rektor UPP Prof Dr Ir Feliatra DEA kepada wartawan, Senin (26/11).

     Dia menegaskan outcome dari pelaksanaan kegiata pelatihan ini, diharapkan tahun mendatang jumlah publikasi jurnal ilmiah terakreditasi dari UPP bisa terwujud.’’Saya akan berikan reward bagi para dosen UPP yang mampu menembus publikasi pada jurnal ilmiah Nasional dan Internasional.’’janji pria yangdipanggil akrab Feli ini.(Arz)

0 komentar:

Posting Komentar