Swasembada Masih Terhambat Pertumbuhan Penduduk Rokan Hulu







Pasir pengaraian ( Cakra FM )-Taregt Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu, untuk mencapai Swasembada beras di tahun 2013 mendatang terhambat sejumlah factor. Salah atu factor penghambat tersebut yakni lonjakan pertumbuhan penduduk, serta belum maksimalnya produksi beras di lahan pertanian yang ada. Hal tersebut menyebabkan pemerintah kabupaten rokan hulu terpaksa merivisi kembali target swasembada beras yang di patoknya. 

Walau saat ini hasil Produksi beras lokal Rohul semakin meningkat setiap tahunya, namun hal tersebut ternyata belum mampu memenuhi kebutuhan beras penududuk rohul yang saat ini berjumlah 511 ribu jiwa. Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Bupati Rokan Hulu Hafith Syukri. menurutnya laju pertumbuhan penduduk di Kabupaten Rokan Hulu yang tergolong tinggi menyebabkan pemerintah terpaksa merevisi kembali target pencapaian swasembada beras,  hal tersebut dikarenakan tingginya kebutuhan dibandingkan dengan hasil produksi yang ada. Namun untuk memaksimalkan produksi yang ada pemerintah akan melakukan pemaksimalan beberapa upaya seperti memaksimalkan lahan-lahan pertanian yang ada, serta mengintensifkan penerapan tekhnologi pertanian yang intensif.

Satu tahun jelang batas waktu target swasembada, saat ini Pemkab Rokan Hulu  baru mampu merealisasikan produksi beras local mereka sebesar 40 ribu ton. jumlah produksi tersebut, masih dibawah taregt swasembada yang di patok sebesar 60 ribu ton pertahun(*Cakra arz)




0 komentar:

Posting Komentar