Dua Kecamatan di Rohul Masih Kekurangan Guru

sumber RNC :M.Zein Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olaharga Rokan Hulu
Pasir Pengaraian ( Cakra FM )– Sejumlah sekolah di Kecamatan Tambusai Utara dan Bonai darussalam masih kekurangan tenaga guru. Dikarenakan hal tersebut pengawas sekolah ikut diberi kewenangan untuk mengisi kekosongan saat jam proses belajar mengajar (PBM). Perihal ini terungkap saat rapat rutin 41 pengawas sekolah tingkat SLTP dan SLTA dari tiga Rayon, di Aula Kantor Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdipora) Rohul, Jumat (28/9/12). Kepala Disdikpora Rohul, Muhammad Zen, pada saat rapat mengungkapkan pada umumnya para pengawas sekolah mengeluhkan masalah klasik, yakni masalah kekurangan tenaga guru di sejumlah di daerah tertentu.

Kepala Disdikpora Rohul mengatakan sudah beberapa kali mengajukan ke Badan Kepegawaian Nasional (BKN) untuk penambahan puluhan tenaga guru di wilayah kerjanya, tapi hal ini terhambat karena adanya aturan lima menteri untuk merekrut tenaga honor.

“Karena ada aturan lima menteri melarang merekrut tenaga honor, sebab itu lah sebagai solusinya, para pengawas sekolah di Rohul kita beri kewenangan untuk ikut mengajar,” jelasnya.

Beliau akhirnya menginstruksikan seluruh pengawas sekolah untuk turun setiap minggu ke sekolah-sekolah di wilayah Rayon nya, sehingga seluruh kendala proses belajar mengajar dipecahkan bersama Disdikpora Rohul setiap Jumat.

Pengawas juga diwajibkan mendampingi kepala sekolah dalam membenahi administrasi sekolah, termasuk membantu para guru dalam mempersiapkan rencana persiapan pengajaran (RPP) dan terus diawasi.

Menghadapi ujian nasional (UN) 2012-2013 mendatang, para pengawas sekolah juga mendapat tugas penting, yakni menyiapkan materi 20 tipe soal. Selain itu untuk persiapan sekolah diwajibkan menggelar bimbingan belajar bagi pelajar nya di sekolah masing-masing.

Bimbel bagi pelajar, sudah dimulai bulan ini dan akan berakhir sebulan menjelang UN. Untuk dana sendiri, pihak sekolah dimintanya menggelar rapat dengan komite sekolah. “Intinya dana tidak memberatkan orang tua siswa,” harapnya. (*Arz)

0 komentar:

Posting Komentar