Dianggap “Sumando”, Warga Kuansing Bakal Dukung Achmad

Rabu, 26 Desember 2012

Pasirpengaraian (Cakra FM) Jelang perhelatan demokrasi pemilihan Gubernur Riau periode 2013-2018, masing-masing bakal calon gencar melakukan upaya tebar pesona. Dukungan demi dukungan pun mulai mengalir. Terutama untuk Bupati Rokan Hulu, Achmad, yang telah dianggap “sumando” oleh banyak warga Kuantan Singingi. Tekatnya adalah untuk pemenangan sang bupati “bertabur” prestasi ini.

Bakal Calon (Balon) Gubernur Riau Drs. Achmad, MSI kembali meresmikan posko pemenangan dirinya di kabupaten/kota di Riau, setelah meresmikan posko pemenagan, Gerakan Rakyat Untuk Dukung Achmad (Garuda) di 9 kabupaten/kota di Riau,  Achmad kembali meresmikan pemakaian posko Garuda di Kabupaten Kuantan Singingi.

Kedatangan Balon Gubri Achmad di Kabupaten Kuansing ini, disambut ratusan relawan Garuda dan warga setempat, mereka menyatakan siap mendukung “sumondonya”, duduk di kursi riau satu pada Pilgubri 2013 medatang, dukungan
masyarakat kuansing itu, kian menambah daftar panjang dukungan terus mengalir luas dari masyarakat

Bak menyambut keluarga,  kembali ke kampung halamanya, kedatangan Achmad di kota Taluk Kuantan Senin (24/12) siang itu disambut hangat ratusan warga Kuansing dengan atraksi budaya silat panegan dan kalungan bunga, Tampak hadir dalam acara penyambutan dan juga peresmian posko itu ketua DPC Demokrat Kuansing Ir. Maisiwan serta beberapa tokoh adat masyarakat Kuansing .

Tokoh Masyarkat Kuansing Abidin, sosok Achmad sudah tidak asing lagi di mata masyarakat Kuansing, menurutnya selain merupakan sumondo (beristerikan orang kuansing)  Achmad juga dikenal masyarakat Kuansing sebagai sosok relegius dan taat beragama serta mampu memajukan daerahnya, itulah alasan utama masyarakat untuk medukung Achmad  maju sebagai gubernur Riau 2013 mendtang.
Masyarakat berharap dengan adanya kedekatan emosional ini Achmad mampu mengakomodir kebutuhan  masyarakat Kuansing sehingga mendorong pembangunan bagi kesejahteraan masyarakat Kuansing.

“Kalau sumondo kito maju harus kito dukung, karena kalau bukan dia siapa lagi akan memajukan daerah kita kedepan. “ungkap warga.

Menyikapi dukungan warga itu, Achmad ucapkan rasa terima kishnya bagi segenap masyarakat Kuansing, ia mengaku semakin percaya diri untuk bertarung pada Pilgubri 2013 mendatang serta menjadikan kabupaten Kuansing sebagai basis suara pemenagan dirinya pada pilgubri 2013 mendatang.
“Pemungfungsian posko Garuda Kuasing dapat menjadi simpul kordinasi sosialisasi serta sarana penyerap aspirasi warga kuansing,untuk pemenangan ataupun pengumpulan aspirasi untuk membuat program pembangunan ke depan,” ungkap achmad. (Arz)


Continue Reading | komentar

Rohul Sudah Wajib ‘KLA’, Anak Usia 0-17 Capai 80%

Selasa, 25 Desember 2012


Sebagai anak daerah, tentu bangga dengan kabupaten yang selalu penuh ide-ide cemerlang dalam setiap program pemerintah Kabuppaten Rokan Hulu. Kini ada lagi program KADO ( kartu domisili ) yang menargetkan seluruh anak Rokan Hulu memiliki Kartu Domisili, sehingga membantu orangtuanya,agar anaknya memiliki identitas diri dan bisa dibawa sa’at bepergian.

Sebagaimana diberitakan di salah satu media terbitan 12 Desember 2012, yang terinspirasi dengan penerbitan Kartu Insentif Anak  ( KIA ) yang didapat sa’at kunjungan kerja Disdukcapil Rohul ke Pemko Surakarta berapa waktu yang lalu.

Membaca potret kependudukan yang disampaikan, ternyata anak usia 0-16 tahun mencapai 238.203 jiwa, sedangkan usia 17 tahun mencapai 250.293 jiwa,sementara penduduk seluruhnya di Kabupaten Rohul hanya berjumlah 610.110 jiwa.

Artinya, usia antara 0 – 17 tahun saja mencapai angka yang cukup besar yaitu sebesar 488.706 jiwa atau 80,1%. Sedangkan usia 18 tahun keatas hanya berjumlah sangat kecil yaitu 19,9%. Dari angka ini, yang usia angkatan kerja (produktif) perlu kita sikapi sebagai potensi daerah, sementara Lanjut Usia (Lansia) sebagai indikator Usia Harapan Hidup juga menggambarkan wajah Kabupaten Rokan Hulu ke depan.

Dari angka ini terbaca bahwa Kabupaten Rokan Hulu wajib dijadikan “Kabupaten Layak Anak“ ( KLA ) apalagi di Kabupaten yang menuju Kabupaten Terbaik 2016 se- Riau ini telah terbentuk lembaga yang sangat berperan dalam pembentukan KLA yaitu Komisi Perlindungan Anak Daerah (KPAID) Kabupaten Rokan Hulu.

Sebagai cikal bakal KLA ini tentulah perlu dipikirkan dulu pentingnya pembentukan Forum Anak Rokan Hulu, sebagai mana di Pekanbaru semasa penulis menjadi Ketua KPAID Kota Pekanbaru dulu telah terbentuknya Forum Anak Kota Pekanbaru yang disingkat FANKOPER.

Perlu kita sadari, bahwa suatu perencanaan pembangunan tanpa melibatkan anak sebagai faktor determinan, artinya perencanaan itu dinilai tak memikirkan nasib bangsa ini ke depan karena anak adalah pemimpin masa depan .Maka selaku orang yang dituakan di Rokan Hulu, merasa berkewajiban menyampaikan hal yang urgen dan strategik ini, sehingga niat menjadikan Kabupaten Rokan Hulu terdepan tahun 2016 se-Riau tak hanya bual pinggir sungai ( Batang ) Lubuh saja.

Angka tentang kependudukan ini pernah saya pertanyakan ke pada Sekda Kabupaten Rohul, yang beliau nyatakan sebagai data yang salah. Padahal angka ini sudah dikonsumsi publik atau ini juga potret Kinerja Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang akan diharapkan membawa perubahan Rokan Hulu ke Depan?***


Continue Reading | komentar

Desa Bangun Jaya Raih Terbaik ke dua Nasional Dalam Pengelolaan Pasar Desa

Pasirpengaraian(Cakra FM)- Pasar Desa Bangun Jaya, Kecamatan Tambusai Utara, Kabupaten Rokan Hulu, keluar sebagai juara II tingkat nasional Tahun 2012, kategori B di Luar Pulau Jawa- Bali. Penyerahan pialanya langsung dari Presiden Republik Indonesia (RI) Susilo Bambang Yodhoyono di Pasar Pospo Agro Surabaya Jawa Timur (Jatim), September 2012 lalu . Suatu prestasi yang membanggakan, berikut kisahnya;

Kades Bangun Jaya, Jambari di Rumahnya, Sesala (25/12), dari ribuan desa di Indonesia, keluar sebagai Juara I desa Provin Jawa Tengah (Jateng), Juara II desa Provinsi Riau dan Juara III Desa dari Provinsi Jawa Barat (Jabar).

“Saya tak sadar pak, waktu kami dengan Kepala Badan Pemerintahan dan Pemberdayaan Desa (BPPD) Budi Kasino sama-sama menitikan air mata, karena dari ribuan desa di Indonesia, kita dapat juara II”,ujarnya.

Diterangkan,Provinsi Riau juara II, diwaklili Pasar Desa Bangun Jaya, Kecamatan Tambusai, adapun kategori penilaiannya, yakni kebersihan pasar, Pendapatan Asli Daerah (PAD), pengelolaan, struktur kepengurusan dan lainnya.

“PAD Pasar Bangun Jaya, tiap tahunnya, sekitar Rp 152 juta, belum lagi karyawannya, memang saya tidak menyangka pak bisa mendapatkan prestasi itu.

Ditambahkan, belum lama ini, sudah datang dari Kementerian Dalam Negeri, meninjau pasar Desa Bangun Jaya, mereka sudah merencakan tahun 2013 mendatang untuk membangun pasar modern dengan dana Rp 20 M, mudah-mudahan itu bisa segera tercapai.

“Mereka udah dating pak, dari Provinsi juga sudah meninjau untuk pasar daging, dari pemerintah pusat untuk bangun pasar modern, saya ikhlas berbuat untuk rakyat saya, kalau peluang pembangunan untuk desa ini kemanapun saya kejar,’tutupnya.   (Arz)


Continue Reading | komentar

Meski Sudah Masuk PLN Islamic Masih Sedot Anggaran 1,5 M

Pasirpengaraian(Cakra FM)- Meski Masjid Agung Islamic Center Pasir Panagaraian sudah masukan daya listrik PLN tahun 2012 ini, pihak Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Pemkab Rohul) masih menganggarkan pengandaan pembelian mesin genset dengan kapasitas 750-850 KVA merek Catterpilar seharga Rp1,5 miliar.

Pengadaan mesin genset ini dengan dana Rp 1.582.100.00, sesuai penguman RUP Pengadaan Barang/jasa Nomor 540/DISTAMBEN/31, nomor:540/Distamben/97 Bulan Mei–Juli 2012, dinilai mencukupi untuk seluruh kebutuhan listrik di Masjid kebanggaaan masyarakat Rohul itu.

Keterangan, Kepala Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Rohul Bisman B SS MM pada wartawan, Senin (24/12), pengadaan mesin genset dengan kapasitas 850 KVA hanya digunakan pada saat listrik PLN mati.

“Karena mesin genset sekarang dengan kapasitas 500 KVA tidak mampu memenuhi kebutuhan listrik di Masjid Agung Madani Islamic Center Pasirpengaraian, jadi keluhan para jamaah saat listrik mati selama ini, dapat diatasi,’’ucapnya.

Dijelaskan, mensin genset kapasitas 850 KVA konekting dengan listrik PLN Pasirpengaraian, bila listrik PLN mati, maka mesin genset otomatis hidup, mesin genset 500 KVA digunakan, bila listrik PLN mati tidak sanggup memenuhi kebutuhan listrik di Masjid Agung, kontraktor sudah mencoba mengoperasikan, mesin genset baru sudah standby, bila listrik PLN mati, maka listrik dari mesin genset langsung menyala.

Ditambahkan, mesin genset 500 KVA selama ini memberikan penerangan, pada saat listrik PLN mati di Masjid Agung, direncanakan akan dipindahkan dan difungsikan untuk penerangan jalan umum di ibukota Pasirpengaraian. (Arz)
Continue Reading | komentar

Rohul Raih Juara Sepakbola HAB Kemenag Di RiU

Rokan hulu(Cakra FM)- Kementerian Agama (Kemenag) Rohul keluar sebagai juara pertama turnamaen sepakbola antar Kemenag se Riau dalam rangka Peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke 67. Kegiatan ini ditaja oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau yang dilaksanakan dari tanggal 21 s/d 24 Desember 2012 bertempat di lapangan bola LANUD Pekanbaru.

Kesebelasan Sepakbola Rohul dibawah pimpinan (Kapten Tim) Drs H Zulkifli Syarif MPd dan dibawah binaan Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA, mengalahkan kesebelasan Kemenag Rohil dengan skor 6-5, setelah dilakukan adu pinalti, Senin (24/12).

Pertandingan yang cukup seru tersebut, disaksikan oleh Kakanwil Kemenag Riau Drs H Tarmizi Tohor MA, Kabid Mapenda Drs H Mahyuddin MA, Kabid Pekapontren H Ruslan, Kakan Kemenag Rohul Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA, Kakan Kemenag Rohil Drs H Agustiar, dan sejumlah pejabat lainnya di lingkungan Kanwil Kemenag Riau.

Kesebelasan Rohul unggul satu tingkat lebih di atas Rohil, karena memang kelebihan dari kipernya yang cukup tangguh dan bermain bagus. Kemenangan kesebelasan Rohul dalam adu persahabatan ini, cukup membanggakan bagi keluarga besar Kemenag Rohul, sebab dapat meraih piala dalam pertandingan yang digemari orang banyak.

Kakan Kemenag Rohul, Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA, menyatakan bahwa perjalanan kesebelasan Rohul cukup bagus, sebab tidak pernah kalah dalam babak penyisihan, termasuk di semi final dan bahkan di final. Dalam turnamen ini kesebelasan Rohul melesakkan 19 gol dan kemasukan 9 gol. Satu angka yang cukup pantastis terang Kemenag Rohul.

Di babak penyisihan, kesebelasan Rohul mengalahkan Kemenag Kota Pekanbaru 6-2, mengalahkan UIN Suska Riau 3-1, sedangkan di semi final mengalahkan Kemenag Pelalawan 4-1 dan di grand final mengalahkan juara bertahan Kemenag Rohil dengan skor tipis 6-5.

Pertandingan grand final antara Rohul versus Rohil ini berjalan cukup seru, saling serang antara satu sama lain, namun hanya membuahkan dua gol, berbagi 1-1 antar tim. Pertandingan dilanjutkan dengan adu finalti. Lima penendang pertama menghasilkan skor 3-3. Ditambah tiga penendang lagi, menghasilkan 2-1 untuk kesebelasan Rohul. Total skor 6-5 untuk keunggulan Rohul.

Ahmad Supardi Hasibuan, menyatakan bahwa kemenangan kesebelasan Rohul ini adalah hiburan utama di akhir tahun 2012 bagi keluarga besar Kemenag Rohul dan sekaligus kado ulang tahun bagi keluarga besarnya, yang akan dirayakan secara nasional pada tanggal 3 Januari 2013 yang akan datang. (Arz).
Continue Reading | komentar

15 PNS dan Tenaga Honorer Positif Komsumsi Narkoba, Yang Terbukti Terancam Pemecatan

Jumat, 21 Desember 2012

Pasirpengaraian (Cakra FM)- Hasil tes urine para pegawai negeri sipil dan honorer di dua Satuan Kerja (Satker) pada lingkungan Pemerintahan Kabupaten Rohul oleh Badan Narkotika Kabupaten (BNK) menyatakan sebanyak 15 aparat baik PNS maupun honorer positif mengkonsumsi narkotika. Merekapun bersiap menerima sanksi bahkan potensi pemecatan.

“Sebanyak 15 aparatur positif mengkomsumsi narkoba, namun masih diberi kesempatan memberi sanggahan ke Satuan Narkoba Markas Polisi Resort (Mapolres) Rohul,” kata Wakil Bupati Rohul Ir. H. Hafit Syukri, MM yang juga Ketua Badan BNK Rohul, Kamis (20/12).

Dia mengakatan, setelah melakukan tes urine terhadap 345 PNS dan tenaga honorer di Dinas Bina Marga dan Pengaraian (BMP) dan Sekretariat Dewan (Sekwan) Senin (17/12), ternyata sebanyak 15 orang aparatur positif kosumsi narkoba, dimana lima diantaranya saat ini berstatus sebagai PNS dan 10 sisanya berstatus sebagai tenaga honor.

“Sebelum diberlakukanya sanksi tegas berupa pemecatan, guna memberikan hak sanggah ke 15 nama itu, Pemkab Rohul mempersilahkan ke15 nama itu melakukan pengecekan darah ke Sat Narkoba Polres Rohul, bertujuan guna mendapatkan hasil  valid, dibandingkan tes urine. bila hasilnya masih positf sanksi pemecatan akan langsung dijatuhkan bagi tenaga honor,” ujarnya.

Dia mengatakan, PNS akan mengikut prosedur pemecatan sesuai peraturan kedisipilinan pegawai, dikeluarkan Menteri Pemberdayaan Apartaur Negara  Republik Indonesia (Menpan-RI), kegiatan ini bermaksud membersihkan institusi Pemkab Rohul dari pengaruh narkoba akan terus dilakukan secara mendadak di seluruh Satker.

“Kami akan lakukan kegiatan ini secara mendadak, tujuannya tentu sangat bermanfaat agar PNS dan Tenaga Honorer tidak terjangkit narkoba,” pungkasnya. (Arz)
Continue Reading | komentar

Ketua LAMR Rohul Bantah Pernah Ungkapkan Kadis TRCK Mesum

pasirpengaraian(Cakra FM)- Ketua Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), membantah  keras,  dirinya memfitnah Kepala Dinas  Tata Raung Cipta Karya (TRCK) Kabupaten Rohul  berinisial JS, telah berselingkuh. Tapi yang bersangkutan membenarkan adanya pengancaman dari oknum  Kadis TRCK itu di Masjid Islamic Center Pasir Pasir Panagaraian terhadap dirinya.

Hal itu  disampaikannya Jumat (21/12) kepada wartawan, ketika dihubungi melalui telepon genggamnya dia meminta Kadis TRCK JS meminta maaf seputar pengancaman terhadap dirinya. Apalagi persolaan itu sudah sampai ke DPRD Rohul.

“waktu itu sepatah kata pun tidak ada keluar kata-kata tentang perselingkuhan. Boleh diputar rekaman di DPRD itu, menjadi masalah bagi saya adalah pengancaman kepada saya dengan saksi-saksi yang dapat dipercaya, soalnya selingkuh itu urusan pribadi,” ucapnya.

Diterangkannya, dirinya tidak pernah menuduh JS, maka di minta DPRD memanggil BKD atau inspektorat menyelidiki laporan ini dan tidak pernah menyebut nama JS, dirinya meminta JS meminta maaf pada dirinya terkait pengancaman itu. 

sebelumnya, Tuduhan Yang di alamatkan ke ketua LAMR rohul itu dilayangkan Kepala Dinas TRCK JS sehari setelah Kantornya di segel oleh beberapa Orang dari Sapma PP, JS menyebut, Otak Yang menuduh Dirinya Berbuat mesum, Atas Asutan T. rafli Armien Karena Keluarganya tidak mendapat Proyek di TRCK***(Arz)
Continue Reading | komentar

Berhasil Ungkap Kasus, 41 Polisi Menerima Reward.

Pasir pengaraian (Cakra FM) sebagai bentuk Motivasi dan penghargaan terhadap perwira Polri yang berhasil memcahkan kasus Kepala polisi resort rokan hulu (Rohul) Yudi kurniawan memberikan penghargaan terhadap 41 perwira polri di jajajranya saat upacara pelepasan operasi lilin di taman kota pasir pengaraian

menurut kapolres rohul Yudi Kurniawan, Penilaian terhadap  perwira yang mendapat pengharagaan dilihat dari kinerja personil, seperti daam pengungkapan kasus penganiayaan yang mengakibatkan korban meninggal, termasuk pengungkapan kasus narkoba, termasuk kasus lain. Reward yang diberikan yakni dalam bentuk piagam penghargaan.

 kapolres rohul Yudi menambahkan, Reward ini rutin kita berikan di akhir tahun agar kinerja personil meningkat kedepan, .***(Arz)
Continue Reading | komentar

396 Personil Gabungan operasi Lilin Siap Amankan Natal-Tahun Baru

PASIRPANGARAIAN- Sebanyak 396 personil gabungan meliputi 251 dari Polri, dan 154 personil dari TNI, Satpol PP, Petugas Kesehatan, dan Pramuka siap mengamankan Perayaan Natal 25 Desember 2012 dan Tahun Baru 1 Januari 2013 di Kabupaten Rokan Hulu.

Apel Siaga Operasi Lilin 2012 di Taman Kota Pasirpangaraian, Jumat (21/12/12), dipimpin Wakil Bupati Hafith Syukri turut dihadiri Kapolres Rohul AKBP Yudi Kurniawan, Wakapolres Kompol Arsyad Nur Siregar, dan seluruh perwiranya serta kalangan pejabat di jajaran Pemkab Rohul.

Wabup Hafith Syukri berterima kasih atas peran personil gabungan untuk mengamankan Natal dan Tahun Baru 2013. Dia berharap, perayaan Natal dan Tahun Baru kondusif, termasuk aktifitas mudik di jalan lintas provinsi sehingga minim insiden.

“Kita berharap dengan pengamanan ini umat kristiani merasa nyaman menjalankan ibadah, termasuk masyarakat yang bepergian pada tahun baru nanti,” harap Wabup Hafith Syukri.

“Pengamanan ini juga diharapkan suasana Natal dan Tahun Baru di Rokan Hulu benar-benar kondusif. Kita berterima kasih kepada seluruh instansi yang terlibat pada pengamanan dua hari besar tersebut,” tambahnya.

Masih di tempat sama, Kapolres Rohul AKBP Yudi Kurniawan mengungkapkan untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru 2013 sebanyak 396 personil gabungan dilibatkan.

Personil gabungan ini juga disiapkan untuk mengisi Pos Pengamanan seperti di Simpang Tri Brata (TB) Tandun dan Pos Pengamanan di Taman Kota Pasirpangaraian.

Data Polres Rohul mengungkapkan dari 75 gereja di Rohul, sebanyak 59 gereja tahun ini akan merayakan misa Natal. Untuk mengamankan 59 gereja tersebut, sebanyak 131 personil Polri dari Polsek disiapkan untuk mengamankan Perayaan Natal.

“Pengerahan 131 pesonil Polri ini diharapkan sebagai out put bagi umat nasrani dalam melaksanakan kebaktian Natal di gereja-gereja,” harap Kapolres.(Arz)


Continue Reading | komentar

Meriahkan Hari Ibu ke 84, TP-PKK Gelar Berbagai Kegiatan Sosial dan Edukasi

Pasirpengaraian (Cakra FM)- untukMeriahkan peringatan hari ibu ke-84 Tahun 2012, Team Penggerak PKK Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), gelar lomba cipta menu dan penyuluhan 10 program PKK, antar desa/kelurahan se Kecamatan Rambah, di Kantor Camat Rambah, Jumat (21/12).
 
Ketua TP PKK Kabupaten Rohul Hj. Maghdalisni Achmad, ucapkan terima kasih pada TP PKK Kecamatan Rambah telah melaksanakn kegiatan loma cipta menu dan penyululan  10 program PKK.  Rambah satu-satunya TP PKK di Kabupaten Rohul, laksanakan kegiatan ini, harapan TP PKK Rohul meningkatakan lomba menu ini jangan sampai disini saja.
 
“Kegiatan ini hendaknya memberi bekal ilmu pengetahuan pada kader PKK di desa-desa, khususnya di Kecamatan Rambah,”ujarnya istri Bupati Rohul ini. 
Ketua TP PKK Kecamatan Rambah Nelva Gunadi, menggali potensi dan kemampuan ibu-ibu penggerak PKK, ikut serta melaksnakan lomba itu untuk menunjang perekenomian dan kebesihan makanan untuk dioknsusmi di tengah-masyarakat.
 
“Seyogyanya momen ini, bisa dijadikan acuan untuk meingkatkan kreatifitas kader PKK di desa dan kelurahan,”sebutnya Istri Camat Rambah.
 
Dalam lomba Cipta Menu keluar sebagai juara I PKK Desa Rambah Tengah Hili (Boter), Juara II Desa Babus Salam dan Juara III Kelurahan Pasir Pangaraian, sedangkan, Lomba Penyuluhan 10 Program PKK di raih Juara I Desa Pematang Berangan, Jura II Desa Tanjung Belit dan Juara III Desa Menaming dengan hadiah berupa Trovi .    

K3S Rohul Bantu Alat Tulis dan Alat Dapur di Bonaidarussalam
sebelumnya, Koordinasi Kegiatan Kesejahteraan Sosial (K3S) Kabupaten Rokan Hulu salurkan bantuan alat tulis dan peralatan dapur di Desa Kasang Padang Kecamatan Bonaidarussalam, Kamis (20/12/12).

Ratusan alat tulis sekolah diberikan K3S Rohul kepada 114 murid sekolah dasar Kasang Mungkal yang merupakan anak-anak korban banjir. Kemudian, kepada kelompok PKK Kasang Mungkal, K3S juga bantu peralatan dapur.

Dikatakan Ketua K3S Rohul, Magdalisni Achmad mengatakan bantuan alat tulis tersebut khusus diberikan kepada murid SD Kasang Padang. Bantuan alat tulis sekolah seperti tas, buku, pensil, pulpen, dan tempat makan.

Sementara peralatan dapur bagi kelompok PKK Kasang Mungkal seperti kompor, tikar, kuali, piring, panci, dan ember untuk penampungan air. “Bantuan ini dalam masih dalam rangka peringatan Hari Ibu ke-84 tahun ini,” jelas Maghdalisni kepada wartawan.

Dia berharap bantuan alat tulis sekolah tersebut sedikit membantu anak-anak Kasang Mungkal, apalagi dalam waktu dekat mereka memasuki libur semester sehingga membutuhkan peralatan sekolah.

“Kita berharap bantuan peralatan dapur bagi kelompok PKK desa seperti ini agar ibu-ibu di pedesaan memiliki usaha sendiri seperti membuat kue sebagai ekonomi tambahan bagi keluarga,” harap Maghdalisni yang merupakan istri Bupati Rohul Achmad.***(Arz)
Continue Reading | komentar

Achmad Lantik 26 Kades Serentak

PASIRPANGARAIAN- Bupati Rokan Hulu Achmad lantik massal sebanyak 26 kepala desa, Kamis (20/12/12). Puluhan Kades tersebut merupakan pilihan masyarakat pada pemilihan kepala desa (Pilkades).

Pelantikan 26 Kades di Gedung Daerah Pasirpangaraian turut disaksikan belasan ribu masyarakat dan pegawai di jajaran Pemkab Rohul, Wakil Bupati Hafith Syukri, wakil rakyat, Sekdakab Damri, jajaran asisten, kepala satuan kerja, serta tamu undangan lain.

Usai melantik, Bupati Achmad mengatakan pelantikan Kades secara massal ini merupakan pertama kalinya. Dia berharap dengan dilantiknya 26 Kades tersebut, pelayanan kepada masyarakat desa tidak terganggu.

“Jangan setelah dipilih masyarakat dan dilantik hari ini, kepala desa tidak memberikan pelayanan kepada masyarakat. Kepala desa sebagai ujung tombak dan perpanjangan tangan pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan prima. Dengan sudah dialokasinya ADD (Alokasi Dana Desa) setiap tahun, diharapkan kinerja kepala desa lebih baik lagi,” himbaunya.

Bupati Achmad berharap lagi Kades yang baru dilantik ini dapat menjalankan roda pemerintahan desa. Seluruh Kades ini dimintanya giat turun ke masyarakat untuk mengetahui kebutuhan masyarakat dan persoalan harus dituntaskan secara bijaksana dan arif.

Sebanyak 25 Kades yang dilantik tadi meliputi tiga Kades di Kecamatan Kabun seperti Kades Kabun Mohd Aidi, Kades Aliantan M Rois, Kades Batu Langkah Besar Rusdan R Lubis.

Kemudian, dua Kades dari Kecamatan Rambah meliputi Kades Rambah Tengah Barat Sofian, Kades Rambah Tengah Utara Yasmin. Kades Sei Kuning Kecamatan Tandun Ilham Rahmani, Kades Suligi Sujito, Kades Bengkolan Salak M Ngalim, dan Kades Air Panas Kecamatan Pendalian Rokan IV Koto Sugiono.

Selanjutnya, Kades Bagan Tujuh Kuntodarussalam, Kades Kepenuhan Hulu, Kades Kepenuhan Jaya Kecamatan Kepenuhan Hulu Ujang Bakri, Kades Sikebau Jaya Kecamatan Rokan IV Koto Hasan Selamat P, Kades Kepenuhan Barat Seroja Muhammdan Dain, Kades Kepenuhan Timur Azhar S, Kades Kepenuhan Barat Mulya Damrizal, Kades Kepenuhan Baru Sfril, Kades Kepenuhan Raya Ahmat Irfan.

Dari Kecamatan Tambusai Utara seperti Kades Sukadamai Gunarin, Kades Mahato Sakti Maliyus, Kades Payung Sekaki Budianto, Kades Pagar Mayang Suyadi, dan Kades Rantau Sakti Purwadi. Kemudian Kades Bonai M Rais, dan Kades Teluk Sono Tarmidi.***(Arz)



Continue Reading | komentar

Dituduh Asusila,Kadis TRCK Rohul Nyatakan Itu Fitnah

PASIRPANGARAIAN- Kepala Dinas Tata Ruang Cipta Karya (TRCK) Kabupaten Rokan Hulu Juni Syafrin akhirnya buka suara. Dia membantah tegas telah berbuat amoral dan merusak marwah seperti yang ditudingkan sejumlah pihak.

“Saya tidak pernah berbuat seperti yang ditudingkan sejumlah pihak. Diduga ini ada kaitannya dengan proyek,” terang Juni menjawab sejumlah wartawan di Pasirpangaraian, Kamis (20/12/12).

Juni mengaku tidak mengetahui awal berkembangnya isu yang menuding dirinya telah melanggar amoral. “Saya sudah tahu siapa yang menyebarkan isu ini. Tapi dengan isu ini, keluarga saya hancur,” katanya.

Menurutnya, dengan berkembangnya isu tersebut keluarganya hancur. Bahkan anaknya sempat di-doktrin oleh oknum di sekolah yang mengatakan dirinya telah berbuat amoral.

“Ini kan fitnah. Bukan itu saja. Saat istri saya sakit dan dirujuk ke rumah sakit, mereka mengatakan saya ditinggal istri. Isu lain lagi, saya ditangkap sedang selingkuh. Kabar itu saya terima dari Kapolres Rokan Hulu,” ungkapnya.

Juni menuding ada sejumlah pejabat tidak senang sejak dia menjabat Kepala Dinas TRCK Rohul. Begitu pun, sejumlah oknum kontraktor dendam kepada dirinya karena tidak dapat paket proyek.

“Untuk paket proyek saya tidak tahu menahu. Semua proses ada di ULP (unit layanan pengadaan). Dan saya tidak pernah rekomendasikan kontraktor lain walau pun dia keluarga pejabat,” tegasnya.

“Saya tidak mau masuk penjara gara-gara proyek dan sudah banyak contohnya. Masak berkas tidak lengkap saya didesak untuk memenangkan. Orang ULP kan lebih tahu dan profesional untuk prosesnya,” tambahnya.

Disinggung alasan tidak mau meminta maaf dengan Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Rohul, Juni mengaku tidak akan pernah meminta maaf sebab dia tidak pernah berbuat amoral dan melanggar marwah “Negeri Seribu Suluk”.

“Saya tidak akan pernah meminta maaf, sebab saya tidak pernah berbuat salah, malah orang yang memfitnah saya,” tuturnya.***(Arz)
Continue Reading | komentar

Dituding Amoral, SAPMA PP Segel Kantor Kepala Dinas TRCK Rohul

Rabu, 19 Desember 2012

PASIRPANGARAIAN- Dituding telah berbuat amoral dan merusak marwah Negeri Seribu Suluk, sekitar enam orang mengaku utusan dari Satuan Pelajar Mahasiswa Pemuda Pancasila (SAPMA PP) Rokan Hulu menyegel kantor kerja Kepala Dinas TRCK, Juni Syafrin, Rabu sore tadi (19/12/12).

Utusan SAPMA PP Rohul yang juga mewakili Forum Komunikasi Anak Keponakan Lima Luhak menduga Juni Syafrin telah berbuat amoral dan telah merusak marwah Negeri Seribu Suluk.


Aksi juga disebabkan lambatnya kepala daerah dalam menjatuhkan sanksi kepada oknum pegawai yang telah melanggar amoral atau perselingkuhan sesuai Peraturan Pemerintah nomor 30 tahun 1980 tentang disiplin pegawai, dan sebagai tindaklanjut atas aksi pada Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2012 lalu.


Utusan ini diterima Sekretaris Dinas TRCK Rohul, Zulkarnain dan melalui mediasi alot. Namun karena tidak ada ketegasan garansi untuk bertemu yang bersangkutan, maka mereka menyegel pintu kantor kerja Juni Syafrin.


Menurut Ketua Organisasi Kaderisasi dan Kepemudaan (OKK) SAPMA PP Rohul, Restu Rambah, sudah kesekian kalinya beberapa organisasi kepemudaan di Rohul melakukan pendekatan menyikapi isu perselingkuhan yang berkembang di masyarakat luas beberapa bulan terakhir, namun hasilnya nihil.

“Isu perbuatan amoral yang dilakukan oknum pegawai ini telah melecehkan daerah kita yang berjuluk Negeri Seribu Suluk. Dari itu kita minta penjelasan, namun sampai sekarang belum kita terima,” jelas Restu kepada sejumlah wartawan.

Untuk menghindari pergerakan massa yang dapat mengganggu ketentraman, maka SAPMA PP Rohul yang juga mewakili Forum Komunikasi Anak Keponakan Lima Luhak menyegel kantor kerja Kadis TRCK Rohul sebagai bentuk tuntutan pertanggung-jawaban terhadap pelanggaran kedisiplinan.

Berdasarkan PP nomor 30 tentang tindakan amoral yang dilakukan oknum PNS, lanjut Restu Rambah, oknum pegawai yang berbuat amoral sudah seharusnya dijatuhi sanksi tegas dan atas dasar kesadaran sebagai Negeri Bermarwah.

“Karena tidak ada sanksi itu lah SAPMA PP yang juga mewakili Forum Komunikasi Anak Kemenakan Lima Luhak menyegel kantor oknum ini (Juni Syafrin) tanpa batas waktu ditentukan,” tegas Restu lagi.


Aksi penyegelan kantor kerja Juni Syafrin ini bukan saja menjadi perhatian pegawai di kantornya tapi juga disaksikan sejumlah kontraktor yang sedang ada urusan di kantor tersebut.***(Arz)
Continue Reading | komentar

Peringatan Hari Ibu ke-84, Bupati Minta Kaum Ibu wujudkan keluarga sejahtera

PASIRPANGARAIAN- Bupati Rokan Hulu Achmad minta melalui Peringatan Hari Ibu ke-84 kaum Ibu memiliki spirit dalam menjalankan fungsinya di dalam Rumah Tangga (RT) dan lingkungan masyarakat.

Demikian disampaikan Bupati Achmad dalam amanatnya di Hari Ibu sekaligus Peringatan Hari Kesadaran Nasional tahun ini di halaman kantornya, Rabu (19/12/12), Menurutnya, jika dahulu peranan kaum ibu atau kaum perempuan sebatas melawan kolonial penjajah, saat ini kaum ibu harus berjuang dalam keluarga, masyarakat, dan membina anak-anaknya baik di lingkungan keluarga dan lingkungan tempat tinggalnya.

“Apalagi saat ini peluang kaum ibu cukup besar. Mereka bisa menjadi apa pun sekarang seperti layaknya kaum laki-laki. Apalagi pemerintah sudah memberikan perhatian besar untuk kegiatan kaum ibu,” paparnya.

Peranan kaum Ibu di lingkungan tempat tinggalnya dan keluarga sangat penting, terutama pembinaan terhadap anak-anaknya yang merupakan generasi penerus Bangsa.

“Ibu merupakan guru bagi anak-anaknya di lingkungan keluarga. Rusaknya ibu-ibu juga akan merusak Negara,” katanya.

Kaum Ibu juga diminta melakukan pencegahan sejak dini terhadap buah hatinya agar tidak terjerumus Narkoba dan pornograpi. Walau telah berkarir di bidang politik, pemerintahan, tapi peranan Ibu dalam rumah tangga harus tetap terjaga.

“Saat ini peluang kaum perempuan semakin besar di dunia politik. Partai politik sudah berikan kesempatan 30 persen keterwakilan bagi perempuan untuk terlibat dalam politik. Jati diri kaum ibu harus dijaga baik, sehingga peranannya sebagai seorang ibu terus dilaksanakan,” himbaunya.

Pada puncak Peringatan Hari Ibu ke-84 tadi, bupati juga diserahkan berbagai hadiah kepada para juara berbagai lomba di bidang olahraga termasuk penilaian lain terhadap kegiatan kaum ibu di lingkungan desa, sekolah sampai rumah tangga.

Puncak Peringatan Hari Ibu tadi turut dihadiri Wabup Rohul Hafith Syukri, Sekdakab Damri, Ketua TP PKK Rohul Maghdalisni Achmad, Ketua GOW Rahayuwati Hafith, Forkompinda, kalangan kepala satuan kerja, pegawai, TNI dan Polri, serta melibatkan murid PAUD se-Rambah.

Seribuan Murid PAUD se-Rambah Tari Massal “Doa Untuk Ibu”

Atraksi tarian massal “Doa Untuk Ibu” yang dipamerkan seribuan murid PAUD di Kecamatan Rambah menutup Peringatan Hari Ibu ke-84 di halaman kantor bupati Rohul.

Ketua Forum PAUD Rohul Maghdalinsi Achmad, didampingi Ketua Himpaudi Rohul Zamrat, mengatakan tarian massal ini melibatkan seribu murid PAUD di Kecamatan Rambah. Tarian ini sebagai bentuk dalam memeriahkan Hari Ibu tahun ini.

“Anak-anak PAUD kita libatkan dalam rangka memeriahkan puncak Hari Ibu ke-84. Begitu pun mereka kita libatkan pada setiap acara peringatan lain,” ujar Maghdalisni Achmad kepada wartawan.***(Arz)
Continue Reading | komentar

Atasi Jalan Rusak di Desa Percontohan, Dinas BMP Rohul Kerahkan Dua Unit Alat Berat

PASIRPANGARAIAN- Dinas Bina Marga dan Pengairan (BMP) Kabupaten Rokan Hulu mengaku sudah turunkan dua alat berat untuk memperbaiki kerusakan jalan di Desa Pasir Baru Kecamatan Rambah yang merupakan desa peraih juara pembinaan PW2KSS di Provinsi Riau 2012.

Jalan desa peraih juara Pembinaan Program Terpadu Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) tingkat Provinsi Riau 2012 tersebut rusak karena dilintasi truk bertonase pengangkut material proyek pembangunan jalan usaha tani bersumber dari dana APBN.

Kepala Dinas BMP Rohul Herry Islami mengaku telah menurunkan satu set alat berat untuk memperbaiki kerusakan jalan di desa terbaik di Riau tersebut dan kini jalan usaha tani ini sulit dilalui kendaraan roda dua mau pun roda empat atau lebih.

“Jalan sudah seperti parit dan licin dilalui. Gardan mobil yang melintas disana pun  kandas. Kita sudah mengatasi agar masyarakat tempatan bisa beraktifitas kembali,” jelas Herry Islami kepada wartawan di Pasirpangaraian, Rabu (19/12/12).

Di lain waktu. Kepala Desa Pasir Baru, Juari, membenarkan jalan didesanya rusak dan sudah beberapa kalinya pelajar terjatuh di jalan licin dan berlumpur tersebut.

Disinggung adanya pembongkaran portal jalan yang dipasang Dinas BMP Rohul, Juari mengaku itu ulah oknum tidak dikenal, bukan atas intruksi pihak desa.

Anehnya, adanya proyek pembangunan jalan usaha tani di desanya bersumber dari APBN, Kades Pasir Baru ini mengaku tidak mengetahuinya sama sekali, sama halnya dengan Camat Rambah Arie Gunadi ketika dikonfirmasi dirinya.

Menurutnya, akibat sering dilintasi truk-truk pengangkut material proyek, jalan di desanya rusak dan mengganggu aktifitas masyarakat dalam mengangkut hasil perkebunannya.

“Saya tidak tahu ada proyek di desa kami sebab tidak ada pemberitahuan dari pihak rekanan ke pihak desa atau pun kecamatan,” ujar Juari kepada wartawan di ujung telepon.***(Arz)
Continue Reading | komentar

Poling Elektabilitas Tertinggi, Demokrat Dikabarkan Mengarah ke Achmad

Pasirpengaraian (Cakra FM)- Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat dikabarkan telah mengarahkan dukungan untuk Bupati Rokan Hulu, Achmad, sebagai bakal calon Gubernur Riau periode 2013-2018. Namun peluang masih terbuka untuk ragam kandidat.

“Belum ada kabar DPP Demokrat bakal mengarah dukungan ke siapa. Termasuk saya atau calon lainnya,” kata Bupati Rokan Hulu, Achmad, sesudah menjadi pembicara dalam BIMTEK bumdes di Selat panjang kabupaten kepulauan meranti, selasa.

Kendati demikian, pihaknya mengklaim bahwa sempat mendengar kabar DPP Partai Demokrat telah memberikan dukungan kepada dirinya untuk maju sebagai bakal calon Gubernur Riau periode 2013-2018.

“Saya mendapat informasi kalau DPP Demokrat, anas telah mendukung saya untuk maju sebagai bakal calon Gubernur Riau. Saya juga berterimakasih pada Partai Demokrat jika telah memberikan kepercayaan dan amanah itu,” kata Achmad Selat panjang, kep meranti, Selasa.

Ia mengatakan, dirinya belum mengetahui sejara pasti dan sampai saat ini belum mendapat informasi terkait sudah adanya keputusan Partai Demokrat untuk mencalonkan dirinya dalam perhelatan pesta demokrasi tahun 2013 mendatang.

“Kami belum dapat informasinya ecara utuh. Tapi kalau itu benar, saya sangat mengucapkan terima karena telah memberikan amanah dan kepercayaan itu kepada saya,” katanya.

Achmad dalam jalur politisnya memiliki misi mengedepankan kepentingan rakyat melalui ragam sektoral baik perekonomian, pendidikan maupun pemupukan moral.

Mottonya, yakni “Semuanya Untuk Rakyat”, dan Achmad mengakui pihaknya akan mengecek kebenaran informasi terkait dukungan DPP Demokrat yang telah mengarah kedirinya.

Sebelumnya pada peringatan HUT Partai Demokrat ke-XI di Rohul yang dihadiri Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum sebelumnya juga belum menyebut siapa yang bakal maju sebagai bakal calon Gubernur Riau.

Ketika itu, Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Riau, Mambang Mit juga hadir dan menyatakan kesiapan untuk maju sebagai bakal calon Gubernur Riau menyaingi Bupati Rohul Achmad. (Arz)


Continue Reading | komentar

Bupati Rohul Minta SKPD Prioritaskan Kegiatan MTQ

PASIRPANGARAIAN- Bupati Rokan Hulu Drs H Achmad M.Si minta seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di jajarannya susun matrik kegiatan dan lebih memprioritaskan pelaksanaan MTQ ke-32 pada tahun depan.

Sesuai rencana. Juli 2012 mendatang, Kabupaten Rohul dipercaya sebagai tuan rumah helatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-32 tingkat Provinsi Riau, sebab itu SKPD diminta lebih prioritaskan kegiatan yang berhubungan dengan helatan akbar tersebut sehingga pada hari “H’ berjalan sukses.

“Mulai kegiatan tahun depan, agar seluruh SKPD menyusun matrik kegiatan dan lebih memprioritaskan Kegiatan yang berhubungan dengan pelaksanaan MTQ,” minta Bupati Achmad kepada seluruh Kepala SKPD dan camat saat rapat evaluasi jelang akhir tahun di aula Lantai III kantornya, Rabu (19/12/12).

Masih hasil rapat evaluasi tersebut. Bupati juga ingatkan seluruh Kepala SKPD di jajarannya sudah memulai seluruh kegiatannya paling lambat 15 Januari 2012 mendatang dan lebih memprioritaskan kegiatan yang berhubungan dengan pelaksanaan MTQ.

Dia juga minta agar kegiatan tahun ini dijadikan evaluasi diri sehingga kegiatan tahun depan lebih meningkat. “Saya ingatkan lagi. Untuk proyek tahun 2012 ini agar seluruh SKPD mengawasi ketat pekerjaan, sebab waktu kegiatan semakin sempit,” himbau Bupati Achmad lagi.***(Arz)

Continue Reading | komentar

82 Pegawai Sekwan DPRD Rohul Jalani Tes Urine, Bila Positif Positif Terancam Dipecat

PASIRPANGARAIAN- Pada hari kedua, sebanyak 82 PNS dan honorer Sekretaris Dewan DPRD menjalani tes urine yang dilakukan tim dari Badan Narkotika Kabupaten (BNK) bekerjasama dengan Polres Rokan Hulu.

Sementara, untuk tes urine di hari pertama yang dilakukan terhadap kalangan pegawai Dinas Bina Marga dan Pengarian (BMP) Rohul belum diketahui hasilnya.

Ketua Umum BNK Rohul Hafith Syukri mengaku belum mengetahui hasil tes urine dari 261 pegawai dan honorer Dinas BMP, Senin kemarin (17/12/12). Jika diketahui ada pegawai yang positif telah meng-konsumsi Narkoba, Pemkab bakal jatuhkan sanksi. Sementara bagi honorer terancam sanksi pemecatan.

“Bagi PNS yang positif telah mengkonsumsi Narkoba akan kita proses. Bagi tenaga honor langsung dipecat,” tegas Ketua BNK Rohul Hafith Syukri, Selasa (18/12/12).

Hafith Syukri yang juga Wakil Bupati Rohul mengatakan tes urine berlaku bagi seluruh kalangan PNS dan honorer di jajarannya. Tes sendiri akan dilakukan di seluruh kantor satuan kerja dan sifatnya mendadak.

Pada tes di hari kedua. Tim penguji yang dipimpin Kasat Narkoba Polres Rohul AKP Zulfakri sambangi Kantor Sekwan DPRD Rohul bersama 15 personilnya untuk mengambil sample urine dari 82 PNS dan honorer meliputi 71 pegawai pria dan 11 pegawai wanita.

Disinggung hasil tes urine terhadap 261 PNS dan honorer Dinas BMP, Senin kemarin, Kasat narkoba nyatakan untuk hasilnya telah dilaporkan ke BNK Rohul.

"Mereka (pegawai) yang positif hanya korban. Tapi jika ditemukan ada barang bukti yang bersangkutan bisa kita tahan. Kita tidak pandang bulu untuk kasus Narkotika, seperti anggota dari Polsek Tandun juga sudah kita tahan karena diketahui mengkonsumsi Narkoba,” jelas AKP Zulfakri kepada Wartawan.

Di lain tempat, Sekdakab Rohul, Damri, ditanya seputar hasil tes urine dari Dinas BMP juga nyatakan hal senada. Menurutnya pihaknya belum menerima informasi tentang hasil tes urine kemarin.

"Kita belum menerima hasilnya. Nanti bupati yang sampaikan hasilnya, sebab tes urine masih berjalan di kantor Satker lain,” katanya.

Seperti diketahui, tes urine di kalangan pegawai ini merupakan upaya Pemkab Rohul dalam menciptakan pegawai yang bersih, baik dari sikap dan prilakunya, termasuk meminimalisir terhadap keterlibatan pegawai terhadap peredaran Narkoba.***(Arz)

Continue Reading | komentar

Perwakilan ASEAN Memohon Restu ke Rohul, Kaji Sejarah Perjuangan Syekh Hasim As-Syarawai Rokan

Pasirpengaraian (Cakra FM)- Sebanyak 14 orang perwakilan negara-negara di Asia Tenggara (ASEAN) memohon restu dengan mendatangi Ketua Panitia Umum acara peringatan Syekh Hasim As-Syarawai Rokan di Rokan Hulu, Riau, guna kesuksan penyelenggaraannya pada 2013 mendatang.

“Sebelum kegiatan dimulai 2013 mendatang, 14 orang Panitia Haul Syekh Abdul Wahab Rokan Al-Kholidi Naqsabandi se-Asia Tenggara di Kecamatan Kepenuhan, Kabupaten Rohul lebih dulu ke Basilam Kabupaten Langkat Sumatera Utara untuk meminta restu,” kata Ketua Umum Panitia Haul Syekh Abdul Wahab Rokan se-Asia Tenggara, Ismail Hamkaz, Selasa (18/12).

Menurutnya, hal itu merupakan rencana dari seluruh panitia hasil rapat panitia yang diselenggarakan pada Senin (17/12) di Gedung Pertemuan Kota Tengah Luhak Kepenuhan

“Kunjungan tiga hari itu untuk minta restu dari tuan guru Syekh Hasyim As-Syarwani sekaligus mengundangnya agar hadir pada helatan Haul Syekh Abdul Wahab Rokan Al-Kholidi Naqsabandi tahun depan,” ujarnya.

Diterangkan, rapat perdana 13 seksi panitia untuk mensukseskan agenda besar baru kali pertamanya digelar di Rohul meliputi Seminar se-Asia Tenggara tentang sejarah perjuangan Syekh Abdul Wagab Rokan dan perkembangan Tarikat Naqsabandi di Asia Tenggara mulai 2 Maret 2012 di Gedung Daerah Pasir Pangaraian.

Seminar ini rencananya akan dihadiri utusan dari Malaysia, Brunai Darussalam dan Thailand.

Kemudian, lanjut dia, pada 3 Maret 2013 kegiatan Napak Tilas dan Silaturrahmi se-Asia Tenggara Tarikat Naqsabandi dengan lokasi di kampung kelahiran Syekh Abdul Wahab Rokan di Desa Rantau Binuang Sakti Kecamatan Kepenuhan.

Pada  Oktober 2013 mendatang, juga digelar kegiatan Suluk Asia Tenggara Tarikat Naqsabandi sekaligus penyelesaian pembangunan Madrasyah Suluk Syekh Abdul Wahab Rokan di Desa Rantau Binuang Sakti yang telah masuk anggaran APBD Rohul 2013.

Dilanjutkan lagi, pada Kamis 20 Februari 2014 digelar Haul Maulid Syekh Abdul Wahab Rokan. Kegiatan ini merupakan kegiatan perdana di Rohul. Kedepan, kegiatan ini teragendakan dan digelar setiap tahun sesuai pernyataan Syekh Ahsum Asy-Syarwani Basilam.

“Sesuai pernyataan tuan guru, sekali digelar di Basilam Langkat dan kemudian dipindah ke Rantau Binuang Sakti Rokan Hulu. Artinya jika di Rokan Hulu sebagai lokasi peringatan kelahiran beliau dan di Basilam adalah peringatan wafatnya Syekh Abdul Wahap Rokan,” pungkasnya. (Arz)
Continue Reading | komentar

109 Guru Kemenag Rohul Terima Tunjangan Profesi

Senin, 17 Desember 2012

Pasirpengaraian (Cakra FM)- Sebanyak 109 guru baik yang telah berstatus pegawai negeri maupun masih honor telah menerima tunjangan profesi untuk triwulan ke VI dengan nilai total Rp864 juta.

“Pembayarkan tunjangan profesi telah dilakukan terhadap 109 guru PNS dan non’ PNS di lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Rohul dengan total nilai Rp864 juta. Pembayaran itu dilakukan untuk tri wulan ke VI tahun ini, yaitu bulan Oktober sampai dengan Desember 2012. Dengan demikian, total tunjangan profesi yang telah dibayarkan untuk tahun 2012 yakni sebesar Rp 3,456 milliar,” kata Kepala Kantor Kemenag Rohul Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA, Senin (17/12).

Ahmad yang ditemui wartawan di kantornya yang berlokasi di Jalan Ikhlas pada Kompleks Perkantoran Pemda Rohul di Pasir Pengarayan, mengatakan, besarnya tunjangan profesi bagi guru PNS  telah lulus sertifikasi adalah senilai gaji pokok mereka.

“Jika gajinya setiap bulan Rp 3 juta rupiah, maka gajinya setelah sertifikasi menjadi Rp6 juta. Sedangkan besarnya tunjangan profesi bagi guru non PNS adalah Rp1,5 juta setiap bulan,” katanya.

Menurut Hasibuan selaku kepala bidang pterkait di Kemenag Rohul, mengingat besarnya tunjangan profesi ini dalam rangka meningkatkan kesejahteraan guru, selama ini dikenal sangat memprihatinkan, tetapi sekarang sangat menjanjikan.

“Saya berharap agar seluruh guru yang belum sertifikasi supaya meningkatkan kualitas diri, khususnya dari segi pendidikan,” katanya.

Sebab, demikian Hasibuan, syarat baru bisa ikut sertifikasi guru, pendidikannya harus Strata Satu (S1). Selain itu memenuhi jam mengajar minimal 24 jam setiap minggu, karena yang disebut guru adalah mengajar antara 24 s/d 40 jam setiap minggu. Dan yang terakhir adalah sudah mengajar minimal 6 tahun.

Pembayaran tunjangan profesi tersebut di atas melalui rekening masing masing guru. Untuk itu saya harapkan agar segera dicek rekening masing masing, apakah dana tersebut telah diterima atau belum.

Ditambahkannya, jika sudah terima maka ucapkan alhamdulillah dan silahkan dana tersebut digunakan sesuai kebutuhan. Namun jika dana belum terima, agar segera dilaporkan kepada kami untuk dilakukan pengecekan, apakah ada kesalahan administrasi seperti kesalahan nomor rekening, salah nama dan lain sebagainya.

Menurut Kakan, jumlah guru PNS dan Non PNS di lingkungan Kemenag Rohul adalah 789 orang, yang sudah sertifikasi baru 109 orang, masih ada yang belum sertifikasi 680 orang. Penyebab lambatnya sertifikasi ini adalah kecilnya kuota yang diberikan oleh pusat, terutama bagi guru non PNS.

“Ini menyangkut juga kemampuan keuangan Negara,” tegas Ahmad Supardi.  (Arz)
Continue Reading | komentar

Bupati Rohul Terima Penghargaan ketahanan pangan tertinggi Adhikarya Nusantara 2012

Pasirpengaraian (Cakra FM)– Bupati Rokan Hulu (Rohul), Riau, Achmad, menerima penghargaan Adhikarya Nusantara 2012 yang merupakan penghargaan tertinggi dibidang ketahanan pangan diserahkan langsung oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono di Jakarta, JUmat (14/12). Berikut ulasannya;

“Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono serahkan penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara Tahun 2012 pada Bupati Rohul Drs. H. Achmad,  MSi, pada Jumat (14/12), sore di Istana Negara Jakarta untuk kategori pembina,” kata Humas Pemkab Rohul, Irwandi, melalui pesan elektroniknya, Minggu.

Penghargaan tertinggi di bidang ketahanan pangan ini menurut bupati dalam pesannya adalah sebagai bukti komitmen Pemkab Rohul dalam mewujudkan dan mensukseskan ketahanan pangan di daerah.

“Tidak semua kepala daerah  di Indonesia mendapatkan penghargaan luar biasa itu, meski Presiden RI telah memberikan berbagai pengharagaan pada kepala daerah di Istana Negara, tetapi penghargaan di bidang ketahanan pangan ini, mendapat tempat dan perhatian khusus bagi Presiden RI,” katanya.

Alasan Presiden atas pemberian penghargaan ini adalah karena problemtika bangsa Indonesia yang utama saat ini adalah krisis ketahanan pangan, maka dibutuhkan kolektifitas dalam penanggulangannya,

Penerima Penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara tahun 2012, selain Bupati Rohul satu-satunya kepala daerah di Provinsi Riau,  juga Bupati Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), dimana dua bupati ini mewakili Sumatera.

Dalam pidatonya, SBY menekankan kepada seluruh kepala daerah se Indonesia untuk bersama-sama berupaya mengatasi krisis pangan dengan ragam kiat efektif.

Semisal meningkatakan produksi pangan, mengatasi alih fungsi lahan, meningkatan produktifitas dan memperhatikan kesejahteraan para petani.

Usai menerima penghargaan di Jakarta, Bupati Rahul, Achmad, mengucapan terima kasih kepada Presiden RI atas penghargaan itu.

“Ini berarti, selama ini Rohul dipantau dan dimonitor kinerjanya oleh Pemerintah Pusat. Pemberian penghargaan itu jadi motivasi serta pemicu semangat untuk terus kembangankan program ketahanan pangan,” katanya.

Selaku kepala daerah, demikian Achmad, komitmen tetap mendukung Pemerintah Pusat dalam mengatasi krisis pangan merupakan kewajiban.

Upayanya, kata dia, salah satunya yakni dengan mempertahankan lahan pangan itu sendiri, disamping memperluas areal, menggunakan teknologi bibit unggul, teknologi pertanian dan upaya lainnya.

“Tentunya, hal Itu tetap dilakukan dengan konsistensi dalam progress bidang ketahanan pangan. Rencananya, kami akan memperluas areal tanaman pangan khususnya sawah, seluas 50 ribu hektar, sudah ada koordinasi dengan Menteri BUMN Dahlan Iskan. Sedangkan sistemnya, lahan persawahan tahap awal menanam pola inti plasma, seperti program pola KKPA Sawit,” katanya.

Lewat program ini, kata dia, masyarakat mendapatkan lahan sawah seluas empat hektar tiap Kepala Keluarga yang diharapkan bakal berkembang dan mampu menghasilkan produk pangan unggulan.

Untuk diketahui, Kabupaten Rohul merupakan sentral produksi beras di Riau yang diharapkan depan bakal memacu provinsi ini untuk menjadi sentral produksi beras di Pulau Sumatera.

Bupati Rohul, Achmad, dalam program ketahanan pangannya selama ini selalu mengutamakan ketersedian pangan, mengatasi kelangkaan serta krisis pangan dengan cepat, dan menyiapkan konsep strategis yakni  “3M” yang merupakan singkatan dari Mendistribusikan dan Mengawasi serta Managerial. (Arz)


Continue Reading | komentar

Peternak Ayam Desa Pasir Maju Butuh Bantuan ModAL Dan Hibah seperangkat Alat Penetas

Pasirpengaraian  (Cakra FM)- Kalangan peternak yang tergabung dalam Kelompok Tani Merpati Putih, Desa Pasir Maju, Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), memohon bantuan pemerintah setempat. Saat ini yang paling dibutuhkan adalah bantuan hibah mesin penetas telur dan termoter udara.

Ketua Kelompok Tani Merpati Putih Sihabudin didampingi, Kades Pasir Maju Marsino, Senin (17/12), mengatakan, ternak ayam buras, sangat lah membantu ekonomi masyarakat.

Hingga hari ini, diakui tidak ada kendala dalam pemasaran, anggota Kelompok Tani Merpati Putih sebanyak 20 orang, rata-rata dari usaha ternak ayam buras ini, bisa menghasilkan pendapatan sekitar Rp 4 juta per bulan untuk tiap anggota.

“Cuma kadang-kadang, jika musim panca roba atau musim penghujan ayam sering berpenyakit, seperti masuk anggin, flu dan lainnya, tapi itulah harus dikontrol, makanya sangat dibutuhkan alat termometer atau pengatur suhu udara,” ujarnya.

Diterangkan lagi, sedangakan untuk produksi, juga sangat membutuhkan alat penetas, memang dulunya Pemkab Rohul pernah memberikan kedua alat ini, tapi tidak bisa difungsikan secara maksimal, karena waktu itu desa ini belum di aliri listrik, tapi kalau saat ini listrik sudah masuk, otomatis sangat membantu petani.

“Untuk tiap bulan minimal 1 Ton ayam buras milik Kelompok Tani Merpati terjual,  dijual  hanya Rp 35 ribu per Kg, rata-rata tiap anggota dari kelompok ini memiliki antara 300 sampai 400 ekor per anggota,” katanya.

Diharapkannya, Pemkab Rohul, mau memberikan pinjaman dana agar usaha ternak itu bisa ditingkatkan, memang sekitar Tahun 2009 lalu sudah pernah ada bantuan Pemkab Rohul sebesar Rp 30 juta, namun untuk saat ini masih perlu dana pengembangannya.

“Kami masih sangat membutuhkan anggaran tertama untuk rehab kandang, pembangunan jalan menuju kandang, alat penetas, pakan ternak, termometer dan lainnya,” pungkasnya.  (Arz)
Continue Reading | komentar

Pemkab Rohul "Bersih-Bersih" Seluruh Satuan Kerja Dari Pengaruh Narkoba

Pasirpengaraian( Cakra FM) – Sebanyak 261 aparat pemerintah baik honor maupun pegawai negeri yang bertugas di Dinas Bina Marga dan Pengairan (DBMP) Kabupaten Rokan Hulu, Riau, Senin (17/12), menjalani tes urine sebagai langka upaya pembersihan pegawai terhadap narkoba. Bagi yang terbukti mengkonsumsi narkotika, bersiap menerima sanksinya.

Tes urine tersebut dilakukan pihak Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu bekerjasama dengan Badan Narkotika Kabupaten (BNK) serta pihak aparat kepolisian setempat.

Sebelum melakukan tes urine, kami juga melakukan Insveksi mendadak (sidak) kepada seluruh pegawai DBMP baik PNS dan tenaga honorer, ” kata Wakil Bupati Rokan Hulu (Rohul) juga Ketua BNK setempat, H Hafith Syukri, kepada ANTARA Pekanbaru, Senin.

Saat dilakukan sidak dan tes urine, menurut dia, para pegawai banyak yang merasa terkejut dengan menunjukan ragam wajah “kecut”.
Namun yang jelas, demikian Hafith, program itu bertujuan untuk mengetahui pegawai apakah ada yang menjadi pegguna atau pecandu narkotika.

Upaya itu menurut dia juga sebagai bentuk pembersihan moral, sikap dan tingkah laku pegawai diakhir tahun 2012.
Tes urine itu kata dia, dilakukan terhadap 261 pegawai baik PNS maupun tenaga honorer pada DBMP Rohul.

Saat dilakukan upaya tes urine, kata dia, seluruh pegawai diminta untuk berkumpul di Aula Kantor, dimana sekitar 15 petugas dari Satuan Narkoba Mapolres Rohul yang dipimpin langsung Wakapolres, Kompol Arsyad Nur Siregar dan Kasat Narkoba turut mengawasi.

Dalam sidak dan tes urine ini, juga hadir Ketua Harian BNK Rohul AKP Zulfakri dan Kasat Reskrim AKP Syahruddin Tanjung.
Ketika itu, demikian Zulfakri , satu persatu pegawai dilakukan tes urine, dimana masing-masing pegawai wajib menampung air seni mereka di botol kaca yang sudah diberikan nama.

“Saat memasukan air seni itu, petugas juga langsung dipantau oleh sejumlah petugas Polres Rohul dari Satnarkoba dibantu dengan Satreskrim,” katanya.

“Upaya ini juga sebagai bentuk kepedulian dalam memperbaiki moral, sikap dan tingkah laku seluruh pegawai di tahun 2012 ini. Kegiatan ini baru pertama kali dilaksanakan di Rohul, jika hasilnya nantinya negatif bukan positif maka akan ada sanksi untuk pegawai itu,” kata Wakil Bupati, Hafith.

Pihaknya mengharapkan, dengan adanya kegiatan ini, kedepannya permasalahan terhadap disiplin bisa meningkat.
Hal itu menurut dia penting mengingat selama ini selalu ada kendala terkait kedisiplinan pagawai di sejumlah satuan kerja.

“Nantinya, bakal ada sanksi keras bagi pegawai yang positif menggunakan narkotika. Hal ini karena sejak satu tahun lalu, saya sudah mewanti-wanti agar seluruh PNS dan tenaga honorer, jangan sekali-sekali mengkonsumsi narkoba,” katanya.

Kegiatan itu diakuinya dilaksanakan sebagai wujud kerja sama dengan BNK dan Polres Rohul dalam mengantisipasi peredaran narkoba.

Awalnya, kata dia, pelaksanaan tes urine dilaksanakan di tiga Satuan Kerja (Satker). Namun karena keterbatasan personil, lanjut dia, maka tiada pilihan selain dilakukan secara bertahap dan sifatnya secara mendadak.

“Kami lakukan secara bertahap, agar kedepannya pegawai dapat bersih dari penggunaan narkoba. Selain itu, dari upaya ini, diharapkan kinerja pegawai Rohul benar-benar meningkat,” katanya. (Arz)

Continue Reading | komentar

Himarohu-Riau Minta Polres Rohul Selidiki Kejanggalan Anggaran Registrasi Listrik PLN

Sabtu, 15 Desember 2012

Pasirpengaraian (Cakra FM)-Pihak Kepolisian Resort (Mapolres) Rokan Hulu (Rohul) diminta selidiki dana perbaikan dan registasri masuk PLN Komplek Pemda Rohul senilai Rp 3.952.000.000, diduga kuat anggaran itu, fiktif, karena setelah dikonfirmasi dengan pihak Ranting PLN Pasir Pengaraian biaya registrasi itu gratis.
 
Keterangan Ketua Himpunan Mahaiswa Rokan Hulu-Riau (HIMAROHU-RIAU) Riau Adhytia Syayendra,
Kamis (13/12), dalam waktu dekat rencanakan akan melakukan dialog dan diskusi dengan Kepala Dinas Pertmbangan dan Energi (Distamben) Rohul seputar penggunaan anggarannya, pasal terlihat pemasangan lampu-lampu jalan  sangat terlalu mencolok, padahal masih banyak lagi warga membutus listrik apalagi ditingkat pedesaan.

“ Kami minta pihak Polres Rohul, aktif ikut bersama kami, unjtuk melakukan investigasi terkait penggunaan dana registrasi PLN mencapai dana Milyaran Rupiah,”sebutnya.
 
Diutarakan, program dana registrasi rasanya sangat tidak masuk akal, sebab setelah diadakan penelusuran  ke pihak Ranting PT PLN  Pasir Pengaraian,  itu tidak dipungut biaya atau gratis, HIMAROHU-RIAU ingin anggaran itu memang menyentuh pada rakyat.

“ Kami sakit hati, seperti pembangunan menara di Simpang Tangun dan Simpang Pemda, ntah apa gunanya, padahal dananya Pengadaan Hight Masth 3 Unit Sebesar Rp 1.050.000.000,  sedangkan  untuk pelaksanaanya Pengadaan Hight Masth Taman Joging Rp 330.000.000, Simpang Tangun Rp375.000.000 dan  Gedung Daerah Rp 350.000.000, kita ingin penetapan kebijakan-kebijakan itu betul-betul menyentuh terhadap masyarakat, tentunya dapat meningkatkan taraf hidup  dan ekonomi rakyatnya Rohul,”katanya.

Di lain waktu,  Kepala Ranting  PLN Pasir Pengaraian Zulchaidir,   untuk biaya registrasi tidak dipungut baiaya, kecuali pemasangan dan penyambungan baru ada biayanya, kalau hanya pendaftran dan registrasi itu gratis.

“ Kita transparan pak, tidak pungutan apapun, semuanya dilakukan melalui Bank, jadi kita tidak pernah  uang,”sebutnya. (Arz)
Continue Reading | komentar

Bantu Warga Kurang Mampu, Karang taruna Gelar Bedah Rumah

Pasirpengarian (Cakra FM)-Karang Taruna Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) laksakan bedah rehap rumah tipe 3 x 6 semi parmanen, di Dusun Huta Padang, Desa Bangun Purba, Kecamatan Bangun Purba, Jumat (14/12), kegiatan ini sebagai bukti kepedulian organsisasi masyarakat ini pada masyarakat ekonomi lemah.

Keterangan, Gumanti bersama istrinya Ratnawati, pihak tidak menyangka bisa kalau organisasi Karang Taruna Rohul akan membangun rumah mereka, sebab kalau hanya mengandalkan mata pencaharian sebagai petani karet milik orang orang lainnya, nampak tidak akan bisa melakukan rehab terhadap rumahnya.

“ Terima kasih kami ucapkan pada Karang Taruna, karena telah membantu kami, kami tidak bisa membalasnya, hanya tuhannlah nanti memberikan balasan pada mereka,”ujarnya.

 Keterangan, Kepala Desa Bangun Purba Hendri, pihaknya sangat berterima kasih dengan adanya, bantuan itu, berharap Karang Taruna ke depan lebih maju dan berkembang, untuk bangun ada 25 rumah lagi membutuhkan rehap ulang karena kondisinya sangat memperihatinkan, kalau Karang Taruna Rohul sudah memberi contoh mau organisasi lainnya juga punya program seperti ini.

“ Kami berharap, program Karang Taruna ini jadi contoh bagi organiasi lainnya, tidak Cuma organisasi pemerintah dan perusahaan pun diharap bisa berperan aktif,’sebutnya.

Di tempat sama,  Ketua Karang Taruna Rohul Syaiful Anwar, rehap rumah tidak saja di  Bangun Purba, program tahun 2012 ini ada 3 rumah direhap Karang Taruna Rohul, yakni Kecamatan Bangun Purba, Rambah dan Ujung Batu, program ini akan terus dilaksanakan untuk tahun-tahun berikutnya sesuai dengan permintaan masyarakat dan keadaan dana Karang Taruna Rohul semuanya akan disalurkan.

“Inilah wujud kepedulian Karang Taruna Rohul terhadap masyarakat berekonomi lemah, sedangkan untuk criteria penerima  program rehab rumah ditentukan Kepala Desa setempat, kemudian dengan program ini kita ingin masyarakt membudayakan sikap bergotong-royong dan tolong-menolong ”sebutnya. (Arz)


Continue Reading | komentar

Mahasiswa UPP Emban Misi Serap Aspirasi Masyarakat Desa Serombo Indah

Kamis, 13 Desember 2012

Pasirpengaraian (Cakra FM)- Masih minimnya  sarana dan pra sarana pendidikan, kesehatan dan insfrastruktur jalan, di Desa Serombo Indah, Kecamatan Rambah Hilir Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), menjadi Misi dasar digelarnya,  Kemah Bhakti Mahasiswa Universitas Pasir Pengaraian (KBM-UPP). melalui kegiatan KBM ini, mereka siap sampaikan aspirasi masyarakat.

400 Mahasiswa UPP ikuti dalam KBM IV Tahun 2012, dilepas langsung Rektor UPP Prof. Dr. Feliatra DEA, Jumat (14/12), dalam arahannya, mahasiswa harus berperan aktif untuk pengembangan personalitynya di tengah-tengah komunitas sosial,  khususnya di lokasi KBM, masyarakat bisa menyampaikan aspirasi mereka lewat progres mahasiswa itu.

“Selain itu kegiatan ini, juga sangat berguna bagi mahasiswa untuk pembinaan mental serta kesiapan mereka jika ke masyarakat, ini termasuk wahana pembelajaran, karena tri dharma perguruan tinggi itu, meliputi peneilitian, pendidikan dan pengabdian,”sebutnya.

Diharapkan, ke depan mahasiswa bisa berkontribusi dalam konteks positif action, sehingga popularitas itu terarah dan terkordinir secara signifikan, meskipun kegiatan KBM-UPP sifatnya rutinitas, tapi di lapangan mereka akan berbaur dengan merealisasikan sikap-sikap positif, karena sudah ada kerja sama konstruktif dengan instansi terkait, sehingga program dapat berjalan tepat sasaran.

“ Kita bersyukur Pemkab Rohul sudah peduli dengan kampus UPP, namun berharap para pengusaha di Rohul juga bisa berperan aktif, memberikan input positif bagi UPP, karena mereka termasuk generasi masa depan Rohul,”pintanya.

Keterangan, Presiden UPP Finus, dalam KBM itu sudah ada kordinasi dan kerja sama dengan pihak intansi terkait di Rohul seperti penanaman 2 ribu pohon dengan Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun), pengobatana gratis dengan Dinas Kesahatan (Dinkes),  pengelolaan pendidikan dengan Dinas Pendidikan Pemuda Olahraga (Disdikpora), gotong royong bersama dengan Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Tranmigrasi (Disosnakertarns) dan perbaikan jalan dengan Dinas Bina Marga Pengarian (BMP).

“ Kami  ucapkan terima kasih, pada intansi itu, sebab telah memberikan full suport pada mahasiswa UPP untuk merealisasikan program ini, kami  minta ada perhatian perusahaan untuk memperdulikan bagaimana pendidikan di Rohul bisa ditingkatkan, baik pendidikan dasar, lanjutan dan perguruan tinggi,” pungkasnya. (ARZ)                  

Continue Reading | komentar (1)

Lelang 28 Sitaan Negara, Kejari Pasirpangaraian Sumbang Rp687 Juta kepada Negara

PASIRPANGARAIAN- Proses lelang 28 item barang sitaan Negara limpahan dari Polres Rokan Hulu, Kamis sore (13/12/12), Kejaksaan Negeri (Kejari) Pasirpangaraian berhasil kumpulkan dana sekitar Rp687 juta kepada Negara.

Sebanyak 28 item barang sitaan negara dilelang sejak pukul 11.00 WIB sampai pukul 15.00 WIB tersebut seperti truk, sepeda motor, kayu, bahan bakar minyak jenis solar, dan sebuah generator setting (genset).

Dari 28 item tersebut, sedikitnya enam item minim peminat atau tidak ada penawarnya sama sekali seperti sepeda motor KTM Tosa, Honda Legenda, Viar, Honda Supra Fit, dan Honda GL Pro.

“Untuk barang sitaan negara yang tidak ada peminatnya hari ini akan kita lelang pada proses lelang selanjutnya,” jelas Kasubag Pembinaan Kejari Pasirpangaraian, Elfi Samni, menjawab wartawan usai proses lelang di kantornya, Kamis (13/12/12).***(Arz)

Continue Reading | komentar

Dituding “Biang Rusuh”, Ruko Milik Anggota Dewan Ditabrak Mobil PP Rohul

UJUNGBATU- Rumah Toko “Nora Optical” di Jalan Jendral Sudirman Ujungbatu milik Anggota DPRD Rokan Hulu, Arisman Nora, ditabrak mobil Pemuda Pancasila (PP) yang dikemudikan salah seorang anggotanya bernama Taswan, Rabu (13/12) sekitar pukul 12.30 WIB.

Akibat ditabrak mobil PP yang dikemudikan Taswan warga warga Desa Ngaso Kecamatan Ujungbatu, rolling door Ruko milik Arisman rusak. Penabrakan tersebut diduga ada pernyataan Arisman yang menyatakan PP “Biang Rusuh”.

Kapolres Rohul AKBP Yudi Kurniawan dikonfirmasi melalui Kapolsek Ujungbatu Kompol Dasrizal, mengatakan penabrakan mobil ke Ruko milik Arisman yang dilakukan Taswan belum jelas.

Sesuai berita acara pemeriksaan (BAP) di Mapolsek Ujungbatu, Rabu malam kemarin, Taswan mengendarai mobil hard top nopol BG1968RR berstiker PP langsung mengarahkan mobilnya ke rolling door Ruko Arisman.

“Pintu Ruko yang dijaga salah seorang anak Pak Arisman ditabrak dua kali, dan kemudian tersangka langsung kabur. Setelah kita selidiki dan kita temui di rumahnya, tersangka mengaku jika mobil yang dipakainya diparkir di Netra Hotel Ujungbatu,” jelas Kapolsek Dasrizal, Kamis (13/12/12).

Usai menerima keterangan dari tersangka, Polisi memboyong Taswan dan mobilnya ke Mapolsek Ujungbatu. “Tersangka mengaku kesal dengan Pak Arisman, sehingga dia menabrak ruko tersebut. Kita akan proses tersangka sesuai hukum,” katanya.

Di konfirmasi wartawan di tempat terpisah, Arisman Nora mengaku tidak tahu kejadian tersebut sebab masih di Batam. Saat kejadian, anaknya yang menjaga Ruko.

"Saya mendapat informasi ini dari anak saya. Saya sudah dihubungi pihak Polsek Ujungbatu mengenai kejadian tesebut,” ungkap Arisman kepada wartawan.

Arisman, Anggota DPR Rohul dari Fraksi Hanura ini minta Polisi bersikap profesional dan menindaklanjuti kasus hukum tersebut, sebab yang bersangkutan telah bertindak kriminal.

Arisman menduga jika keberanian tersangka menabrak pintu Ruko miliknya disinyalir adanya protes anggaran bantuan untuk PP Rohul sebesar Rp800 juta. Pasca sidang sepekan lalu, dia mengaku sering menerima ancaman. Oknum tersebut mengaku dari PP Rohul.

“Bahkan sepuluh menit sebelum kejadian ada juga orang yang mengancam saya melalui telpon selulernya,” ungkapnya lagi.

Di lain tempat, Ketua PP Rohul, Taufiq Tambusai, dikonfirmasi via teleponnya mengaku apa yang dilakukan oknum Anggota PP Rohul tersebut bukan masalah ditolaknya anggaran.

“Perlu saya luruskan. Kejadian bukan karena masalah dana, tapi PP se-Indonesia merasa dilecehkan Arisman. Dia pernah menyampaikan pada waktu sidang di DPRD Rokan Hulu, bahwa PP merupakan biang rusuh. Penghinaan ini tidak bisa kami terima dan anggota merasa tersinggung dan kemudian bertindak. Kejadian itu karena emosi anggota, bukan atas perintah saya,” terang Taufiq di ujung telepon.***(Arz)



Continue Reading | komentar

39 Mobil Kayu Chip PT SSL dilepas, Petugas Minta Supir Bayar 150 Ribu per mobil

PASIRPANGARAIAN- Beralasan keamanan sudah kritis dan takut ruas jalan provinsi rusak karena menjadi tempat parkir truk bertonase, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Infomasi (Dishubkominfo) Rokan Hulu akhirnya memberi izin lewat bagi 39 truk chip pengangkut kayu akasia milik PT SSL.

Sebanyak 39 truk chip PT Sumatera Silva Lestari (SSL) ditahan Dishubkominfo Rohul sejak Rabu tengah malam kemarin (12/12/12). Dan pada Kamis malam sekitar pukul 23.00 WIB puluhan truk tersebut diizinkan lewat.

Sebelum diizinkan melanjutkan perjalanan ke PT Riau Andalan Pulp Paper (RAPP), puluhan sopir truk chip yang sudah merasa jenuh parkir di Jalan Lingkar Kilometer 4 Pasirpangaraian sempat melarikan diri sekitar pukul 21.00 WIB.

Mereka kabur dengan mengancam petugas Dishubkominfo Rohul yakni akan menabrak bagi siapa pun yang coba menghalangi jalan. Akibat kaburnya puluhan truk itu, sempat terjadi adu mulut antara kedua belah pihak di bawah pengawasan tidak sampai sepuluh personil dari Polres Rohul.

Menurut Kasi Perhubungan Darat Dishubkominfo Rohul, Andi Yanto, walau awalnya sempat bersitegang dengan kalangan sopir, pihaknya tetap izinkan konvoi truk melanjutkan perjalanannya ke Pangkalan Kerinci.

Andi mengaku pemberian izin ini karena ada intruksi dari atasan sebab takut jalan status provinsi tersebut rusak karena terlama lama menjadi lokasi parkir puluhan truk chip pengangkut akasia milik PT SSL.

“Kita hanya ikuti intruksi atasan. Sebelumnya ada intruksi, jika sudah kritis bisa mengambil tindakan,” ungkapnya kepada wartawan pasca lewatnya 39 truk chip PT SSL dari Jalan Lingkar Pasirpangaraian, Kamis malam.

Namun begitu, sebelum diizinkan lewat, petugas minta agar para sopir truk chip setor uang sebesar Rp150 ribu per truk ke jembatan timbang Ujungbatu yang dikelola Dishub Provinsi Riau.

Penahan truk chip PT SSL merupakan kedua kalinya. Pertama, Jumat dinihari lalu (7/12/12), sebanyak 60 truk chip dihentikan di depan Kantor Dishubkominfo Rohul sebab berani lewat jalan Pasirpangaraian. Truk ini diizinkan lewat karena para sopir demo di depan kantor tersebut.

Penahan berlanjut. Pada Rabu malam kemarin, 39 truk kembali dilarang lewat. Pihak dinas beralasan truk chip dilarang lewat jalan kota karena sedang ada perbaikan jalan sebagai persiapan Kabupaten Rohul menjadi tuan rumah MTQ XXXII tingkat Riau dan acara Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) tingkat Nasional pada 2013 mendatang.

Intruksi pengalihan sementara yakni truk chip diminta lewat jalan lintas provinsi antara Kecamatan Bonaidarussalam-Duri Kabupaten Bengkalis yang kini sedang rusak parah dan marak pungutan liar.

Public Relations PT SSL Kandir Pekanbaru, Abdul Hadi mengaku kalangan sopir chip enggan lewat Bonaidarussalam karena selain jalan rusak parah, di jalan itu juga marak pungutan liar.

Pengalihan jalan ke Bonaidarussalam juga dinilai terkesan diskriminatif, sebab truk perusahaan pengangkut crude palm oil (CPO) bertonase sampai 40 ton dan truk bertonase milik perusahaan lain tetap diizinkan melewati jalan provinsi di Pasirpangaraian.***(Arz)

Continue Reading | komentar

Pemkab Akan Bangun Jalan Lingkar Kubu Manggis ke Kampus UPP

(Pasirpengaraian), Melalui APBD Rokan Hulu dimasukan dana swakelola Dinas Bina Marga dan Pengairan (BMP) Rokan Hulu (Rohul), mulai dibangun jalan lingkar yang akan menghubungkan Dusun Kubu Manggis Desa Rambah Tengah Utara Kecamatan Rambah hingga ke kampus Unisversitas Pasir Pangaraian (UPP), yang pengelolaannya dilakukan secara swakelola.

"Nantinya, antara jalan dari Kubu Manggis ditembuskan ke Kampus UPP Kecamatan Rambah Hilir. Dimana, jalan itu menjadi jalan lingkar kabupaten, sehingga kedepannya bisa menghubungkan seluruh jalan di Rokan Hulu, ini dalam rangka membuka akses jalan ke seluruh desa-desa yang ada di Rokan Hulu," terang Kepala Dinas BMP, Herry Islami ST MT, Rabu (12/12/2012).

Disampaikan Herry Islami lagi, dengan pembangunan jalan lingkar tersebut, berharap kedepannya jalan-jalan tersebut bisa dilalui jalur lalu lintas sehingga memudahkan seluruh akses keluar masuk masyarakat, dalam mengangkut dan menjual hasil pertanian mereka khususnya di daerah yang merupakan sentra pertanian dan perkebunan.

Herry Islami juga mengemukakan, bukan hanya jalan lingkar Kubu Manggis-kampus UPP, namun jalan-jalan lainnya juga jadi prioritas pembangunan. Apalagi di tahun 2013 mendatang, seluruh akses jalan-jalan kedesa tetap mendapatkan prioritas perbaikan dan perawatan rutin, dan menjadi tanggungjawab Dinas BMP sepenuhnya.**(Arz)
Continue Reading | komentar

39 Truck Chip Milik PT. SSL Kembali dilarang Melintas, perusahaan rencakan jalur hukum

Pasirpengaraian (Cakra FM) Dinas Perhubungann Telekomunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) kembali mengamankan 39 unit truck kayu chip milik PT. Sumatera Silva Lestari (SSL) di parker di KM 4 Jalan Lingkar Pasir Pengaraian, Kecamatan Rambah, pihak perusahaan merasa di rugikan Pemerintah Kabupaten Rohul (Pemkab) Rohul, dan berencana akan menuntut Bupati Rohul ke jalur hukum.

Keterangan, Manager Public Relation PT SSL Abdi Hadi, Kamis (13/12), sudah 5 hari Dishubkominfo Rohul, menahan truck pengangkut chip milik mereka, tanpa ada alasan dan ketentuan hukum, padahal pihaknya mengikuti prosedur dan aturan kementerian perhubungan, jadi tidak jelas apa mau mereka.

“ Jika dalam hari ini mereka tidak melepas truck kami, kami akan laporkan ini sebagai penyanderaan, kemudian menganti seluruh kerugian kami, buktinya kami tidak ditilang, mereka menyuruh kami lewat sontang sudah jelas di sana jalan rusak,”sebutnya.

Diutarakan, pihak kecewa dengan sikap Dishubkominfo Rohul, mengapa truck chip PT SSL saja ditahan sedangkan lainnya truck  Crude Pamp Oli (CPO) muatan lebih berat, truck PT SSL hanya bermuatan 18 hingga 20 Ton, ada apa tujuan mereka menahaannya.

“ Kami  sudah rugi total, seperti biaya untuk driver, rental truk,  surat izin kayu,  kalau memang di tahan, jangan cuma truck kami, kami investor dengan niat baik datang ke Rohul, jika kami bersalah silahkan lidik, lagi kok mereka tidak menyertakan Sat Lantas Mapolres Rohul,”ucapnya.

Kemudian diminta keterangan Sekretaris Diskominfo Rohul, melalui Kasi Perhubungan  Darat Andi, pihak tidak bisa berbuat banyak, sebab distopnya operasi truck chip PT. SSL itu, karena adanya kebijakan daerah, sesuai dengan Momerandum Of Undrestanding (MOU) antara Pemkab Rohul dengan PT. SSL, jika Bupati Rohul instruksikan jangan dibiarkan lewat, sebagai bawahan wajib dilakansakan.

“ Ini instruksi Bupati Rohul, kami hanya menjalankan,  apapu resikonya ya harus kami terima, kalau Bupati  perintah kami menahannya ya kami tahan,”sebutnya.
Sebelumnya, akibat melepas 60 Truck Chip PT.SSL Kabid Perhubungan Darat Dishubkominfo Rohul Asdinoper S.Sos, jabatannya dicopot Bupati Rohul, sekarang   non job pindah tuga ke Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Rohul. 

Ke 60 unit truk itu, 45 unit diamankan Jumat (712) di Jalan Raya Km 6 Desa Sukamaju, Kecamatan Rambah, Kabupaten Rohul hingga ke kantor Dishubkominfo, antriannya mencapai 1 Km, sempat memacetkan arus lalu lintas, karena sebagian badan jalan dipakai parkir truk, sedangkan 15 unit lainnya diparkir di halaman rumah Makan H. Along Kecamatan Rambah Tengah Hilir (RTB),  Kecamatan Rambah.
Pengamanan truck kayu chip itu, stelah adanya intruksi Bupati Rohul, terhitung mulai  Rabui (5/12) hingga batas waktu tak terhingga, seluruh truk itu jalurnya dipindahkan melalui Simpang Kumu, Rambah Hilir- Sontang (Bonai Darussalam)-Duri.

Tapi penegamanan itu tak berlangsung lama, karena para sopir mendatangi kantor Dishubkominfo Rohul, maka terjadi dialog dan negoisasi antara para Sopir Truck dengan Kabid Pehubungan Darat, akhirnya dilepaslah truck itu, tapi ternyata malah menjadi mala petaka, karena  Bupati Rohul langsung mencopot jabatannya. (Arz)
Continue Reading | komentar

Mapolres Rohul Temukan Mayat Korban Pembunuhan Sadis

Pasirpengaraian (Cakra FM) Markas Polisi Resort (Mapolres) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), berhasil mengungkap kasus pembunuhan dengan laporan hilang, sejak sebulan lalu peristiwanya baru membongkar kuburan korban pembunuhan Elikana Daily (32), di Blok 14 Divisi V PT. Sumber Jaya Indah (SJI) Coy, Desa Ulak Patian, Kecamatan Kepenuhan, Kabupaten Rohul, tubuh korban hampir 40 persen tubuhnya sudah jadi tulang-belulang, kemudian wajahnya tidak dikenali lagi.    

Tubuh Elikana Daily dingakat dari rawa-rawa gambut,  Kamis, (13/12), sekira pukul 11.00 Wib, kondisi tubuh korban sangat tragis, sebab kepala korban sudah berpisah dengan badannya,  tubuh korban hanya utuh dari pusat ke kaki.
  
Keterangan, Kapolres Rohul AKBP Yudi Kurniawan, SIK melalui Kasib Ops Rerkrim IPTU Niko, kronologis kejadian, Rabu  (14/11), lalu, korban Elikana Daily,  bersama temannya YE (28), Yobedi Enduru dan Kasiman Gulo  pergi bersama ke kebun  PT. SJI untuk mengambil air minum.

“Dugaan sementara penyebab dibunuhnya Elikana Daily, akibat sakit hati, sedangkan  otak pelakunya YE, (28) dan Yobedi Enduru (16) , Kasiaman Gulo (32) hanya mengetahui rencana pembunuhan terhadap korban dan mendapat uang Rp 1 Juta,”sebutnya.        

Diutarakan, sebelumnya dari peristiwa ini sudah dicurigai Mapolres Rohul, meskipun laporan hilang, sejak sebulan lalu (17/11), karena hasil dari pengembangan, kejadian (14/11) tiga hari kemudian, korban diduga di bunuh karena ada bukti dan petunjuk, seperti Sepeda Motor korban tertinggal di kebun kelapa sawit, kapak dan baju  kena percikan darah. 

Pengakuan, Abang Sepupu Korban Herman Daily (38), keluarga korban meninggalkan (14/11) sekira, pukul 18.00 Wib,  hendak menjemput air minum ke Divisi IV, korban bersama YE dan Yobedi Enduru, sedngkan Kasiaman Gulo tiba dari menjemput air itu sekira 18.30 WIB, sebab Kasiaman Gulo  tinggal di rumah orang tuanya korban, namun YE dan Yobedi Enduru baru pulang ke Divisi V sekira pukul 05.00 Wib subuh, waktu itu baju mereka dalam keadaan basah dan berdarah. 

“Ketika ditanya  kemana korban, mereka menjawab pergi ke Pekan Baru,”sebutnya. (Arz)
Continue Reading | komentar (1)

Motif Sakit Hati, Warga Nias Bunuh Kawan sendiri

Pasirpengaraian (Cakra FM)-Elikana Daily, warga Provinsi Kepulauan Nias yang sebelumnya dilaporkan hilang, ternyata hasil dari penyelidikan dan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) aparat setempat, diduga sengaja dibunuh temannya sendiri.

Kronologi kejadian menurut polisi yang ditemui, Rabu (12/12), kejadian itu terjadi pada Selasa (13/11) sore. Korban Elikana Daily mengambil gaji borongan di PT. SJI untuk anggota korban sebanyak 20 orang.

Pada saat mengambil gaji yang nilainya mencapai Rp 18 juta itu, korban ditemani dua pekerja lainnya, masing-masing Dedi Enduru dan Yustinus. Setelah dua hari berikutnya,  korbanpun tak muncul hingga teman-temannya bersama-sama melaporkan kehilangan korban ke aparat polisi.

Langsung anggota Mapolres Rohul melakukan olah TKP, hasilnya ditemukan di lapangan, Kampak, Sepeda Motor dan Baju  Korban ditemukan dalam keadaan berlumuran darah di pinggir jalan antara Devisi IV menuju Devisi V di areal perekbunan kelapa sawit  PT.  SJI,  tepatnya perbatasan Desa Pasir Pandak menuju Ulak Patian, Kecamatan Kepenuhan, Kabupaten Rohul.

Herannya lagi, setelah kejadian menghilangnya Elikana Daily, kedua temannya Dedi Enduru dan Yustinus pulang kampung, di Desa Bao-bao Sowo Kecamatan Elimedai, Kabupaten Nias Selatan (Nisel).

Misterius kehilangan Elikana Daily pun mulai terkuak, rupanya kedua teman korban telah melakukan pembunuhan dan membawa lari uang gaji teman-temannya itu langsung pulang kampung.

Kapolres Rohul AKBP Yudi Kurniawan, SIK melalui Kasat Reskrim AKP S. Tanjung mengatakan, tiga personil Mapolres Rohul sudah menjemput kedua tersangka Dedi Enduru dan Yustinus, (10/12).

Informasinya, personil Polres Rohul dan kedua tersangka sudah sampai di Kota Sibolga menuju Pasir Pangaraian untuk menindak lanjuti peristiwa itu.

“Hingga saat kami belum  mengetahui di mana kedua tersangka mengubur jasad korban, rencananya, Kamis (13/12), Mapolres akan langsung ke TKP bersama kedua tersangka, sampai hari apa motif terjadi pembunuhan itu masih dalam lidik dan sidik kita,” ujarnya.   (Arz)
Continue Reading | komentar

Ramaikan Pembukaan MTQ Riau XXXI di Bengkalis Bupati Rohul Kerahkan 800 Khafilah Ikuti Pawai Ta’aruf

Rabu, 12 Desember 2012

PASIRPANGARAIAN- Bupati Rokan Hulu Achmad kerahkan ratusan pegawai eselon II, III, dan IV dan 582 kafilah untuk meramaikan pawai ta’aruf pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXXI tingkat Provinsi Riau di Kabupaten Bengkalis, Rabu (12/12/2012).

Pengerahan massa sekitar 1.121 orang termasuk 582 kafilah hanya untuk mengikuti pawai taaruf yang rencananya dibuka Gubernur Riau, M Rusli Zainal tersebut merupakan persiapan Rohul ditunjuk sebagai tuan rumah MTQ Provinsi Riau XXXII pada 2013 mendatang.

Ratusan massa yang dikerahkan ke Bengkalis merupakan kalangan pejabat eselon II, III, dan IV seperti asisten Setdakab Rohul, staff ahli, kepala satuan kerja, kepala bidang, kepala seksi, camat, dan perwakilan pelajar.

Pada MTQ di Bengkalis ini, Bupati Achmad targetkan Kabupaten Rohul meraih juara umum, sebab itu diturunkan 43 qori dan qoriah, 20 pelatih, 20 official, dan 12 pendamping.

“Bupati menargetkan pada MTQ XXXI tingkat Riau di Bengkalis tahun ini, kabupaten Rohul bisa meraih juara umum. Menurut pak bupati, Rohul telah siapkan qori dan qoriah jauh-jauh hari seperti menggelar MTQ tingkat desa, kecamatan, dan tingkat kabupaten,” jelas Kabag Humas Setdakab Rohul, Irwandi, diujung telepon, Rabu.

“Pemenang dari tingkat kabupaten ini lah yang menjadi duta dan mewakili Rokan Hulu di ajang MTQ di Bengkalis,” tambahnya.

Selain mengerahkan massa, pada pawai ta’aruf pembukaan MTQ di Bengkalis, Rohul juga turunkan kendaraan hias.

“Bupati berharap selama di Bengkalis, seluruh khafilah Rokan Hulu menjaga nama baik daerah. Dia juga berpesan agar qori dan qoriah berjuang semaksimal mungkin dan meraih juara umum,” terang Irwandi lagi.***(Arz)


Continue Reading | komentar

2013 Rohul akan Kelola PBB sendiri

PASIRPANGARAIAN- Mulai Januari 2013 mendatang, pengelolaan Pajak Bumi Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2) dikelola Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA) Kabupaten Rokan Hulu.

Sebelumnya, untuk pengelolaan PBB-P2 masih dikelola Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Bangkinang. Dan adanya surat edaran, mulai Januari mendatang akan dikelola daerah.

Demikian dikatakan Wakil Bupati Rohul Hafith Syukri di sela-sela rapat hasil pemutakhiran data piutang sesuai Surat Edaran (SE) Nomor 12/PJ/2012, serta evaluasi persiapan pengalihan PBB-P2 Kabupaten Rohul di Hotel Sapadia Pasirpangaraian, Rabu (12/12/12).

Rapat tersebut turut dihadiri perwakilan dari KPP Pratama Bangkinang, Bank Riau Kepri, DPPKA Rohul, dan Kanwil Pajak. Wabup Hafith mengaku untuk pengelolaan tersebut, pihaknya telah menyiapkan sarana dan prasarana pendukungnya.

“Secara aspek legalitas, pungutan pajak sudah ada peraturan daerah dan peraturan bupatinya. Dalam bidang sarana prasarana, kita juga sudah siapkan tenaga kerja pemungut pajak,” jelas Wabup Hafith.

Untuk pemungutan pajak ini, lanjut wabup, nantinya dibawah DPPKA Rohul. Untuk tempat dan kantor masih di Kantor DPPKA dan gongnya baru dilakukan Januari 2013 mendatang.

“Kita siap terima tugas itu dan akan dilaksanakan sesuai jadwal dan sistem yang sudah dipersiapkan. Kita akan evaluasi piutang tunggakan dari objek pajak yang tentunya akan menjadi beban untuk menjadi objek pungutan kita berikutnya,” katanya.

Wabup Hafith berharap pengelolaan PBB-P2 tersebut dapat meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Pemkab Rohul dari sektor pajak. Saat dikelola KPP Bangkinang, target PBB-P2 sebesar 2,9 miliar rupiah. Dan saat dikelola daerah, dia berharap target meningkat menjadi Rp4 miliar.***(Arz)
Continue Reading | komentar

Awal Januari 2013, PWI Rohul Stuban ke Kantor PWI Pusat

PASIRPANGARAIAN- Berkeinginan memajukan organisasi dan sesuai fungsinya, Januari 2013 mendatang, Anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Perwakilan Kabupaten Rokan Hulu akan gelar study banding (stuban) ke Kantor PWI Pusat di Jakarta.

“Awalnya kita merencanakan stuban dilakukan tahun ini (2012). Niat sudah lama direncanakan, namun karena kesibukan masing-masing, kita baru bisa dilaksanakan awal tahun depan,” jelas Ketua PWI Perwakilan Rohul, Harjono, di sela-sela rapat anggota di Pondok Makan Bumbu Kampung Pasirpangaraian, Rabu (12/12/12).

Selain berkeinginan memajukan organisasi PWI, lanjut Harjono, anggota juga mesti mengetahui bagaimana mengelola sebuah organisasi secara bersama. “Kita berharap study banding ini membawa hasil memuaskan bagi seluruh anggota, dan terus menjaga kekompakan,” harapnya.***(Arz)

Continue Reading | komentar

Tiga Program Studi UPP Dievaluasi DIKTI

Pasirpengaraian (Cakra FM) Tiga program studi (Prodi) di Universitas Pasir Pengaraian (UPP), akhir tahun ini, akan dikunjungi evaluator Badan Akredetasi Nasional (BAN), yakni, Prodi Tehnik Mesin akan di evaluasi Prof Berkah Fajar dari Universitas Gunadarma dan Dr. Ing. Mohammad Yamin dari Universitas Diponegoro.

Keterangan, Rektor UPP Prof Dr Ir H Feliatra DEA, Rabu (12/12) di Pasir Pengaraian Kemudian Prodi Tehnik Sipil akan dievaluator Prof. Kusno Adi Sumbowo PhD dan Prof Ndjadji Anwar akan datang besok Kamis (13/12) hingga Jumat (14/12)

Sedangkan, Kedua Prodi ini, akan dievaluasi selam dua hari 14-15 Desember mendatang, sedangkan untuk Program Studi Manajemen akan dievaluasi Prof Abdul Hamid Universitas Islam Syarif Hidayatullah Negeri Jakarta dan Dr. Surahman Surya Atmaja Yarsi Jakarta.

“Ketiga program studi akan bisa melewati evaluasi, sehingga ke tiga program studi kita akan di akreditas secara nasional, ini merupakan salah satu eksistensi kita dimata nasional, karena tiga prodi di UPP akan diakreditasi Dirjen DIKTI,’’tambahnya.(Arz)
Continue Reading | komentar
Loading...

Blog Archive

 
PT. RADIO CAKRA MEDIA INDONESIA, ROKAN HULU - RIAU